Sekda Kotamobagu Paparkan Progres Penyusunan Revisi RTRW Kotamobagu Dalam Rapat FPR Provinsi

Bagikan Artikel Ini:

 

Sekda Kotamobagu Paparkan Progres Penyusunan Revisi RTRW Kotamobagu Dalam Rapat FPR Provinsi

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU -Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, SH., memaparkan progres Penyusunan Revisi RTRW Kota Kotamobagu dalam Rapat Forum Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (15/12/2022), di Ballroom Hotel Aryaduta, Kecamatan Wenang, Kota Manado.

Rapat yang digelar dalam rangka persetujuan Gubernur Sulawesi Utara terhadap Revisi Perda RTRW Kota Kotamobagu sebelum penetapan revisi RTRW Provinsi Sulawesi Utara ini, dibuka secara langsung Kepala Dinas PUPR Provinsi Sulawesi Utara, Alexander Wattimena, ST., M.Si.

Dalam pemaparannya. Sofyan mengatakan revisi terhadap Perda RTRW Kota Kotamobagu telah melalui beberapa tahapan, sejak proses peninjauan kembali pada tahun 2019, penyusunan materi teknis, hingga ke penyesuaian kembali materi pasca UU Cipta Kerja.

“Progres yang telah kita lakukan di tahun 2022 ini mulai harmonisasi Ranperda, pembahasan tahap I bersama DPRD Kotamobagu, permohonan proses percepatan kepada Kementerian Perekonomian, klinik sinkronisasi bersama Provinsi terkait percepatan RTRW, sampai ke permohonan pembahasan Forum Penataan Ruang Provinsi yang ditindaklanjuti melalui rapat FPR pada hari ini,” kara Sofyan.

Sementara Kepala Dinas PUPR Kota Kotamobagu, Claudy N. Mokodongan, ST., menambahkan kegiatan rapat Forum Penataan Ruang (FPR) pada hari ini merupakan salah satu persyaratan yang harus dilaksanakan dalam rangka mendapatkan persetujuan Gubernur Sulawesi Utara terhadap revisi Perda RTRW Kota Kotamobagu sebelum penetapan Perda revisi RTRW Provinsi Sulawesi Utara.

“Iya rapat hari ini adalah salah satu tahapan yang harus dipenuhi dari sekian tahapan yang harus dilakukan Pemkot Kotamobagu terkait revisi terhadap Perda RTRW. Setelah pelaksanaan rapat akan ditindak lanjuti dengan penandatangan Berita Acara persetujuan bersama antara stakeholders yang terlibat,” ucap Claudy.

Menurut Claudy, revisi terhadap RTRW Kota Kotamobagu yang memuat rencana struktur ruang, rencana tata ruang, dan kawasan strategis, setelah rapat FPR ini masih akan dilanjutkan ke tahap berikutnya. “Tahun depan rencananya kita akan mengajukan persetujuan substansi terhadap revisi RTRW ini,” ucapnya.

Kegiatan turut dihadiri Forum Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Utara, jajaran Organisasi Perangkat Daerah terkait di lingkungan Pemkot Kotamobagu, serta Forum Penataan Ruang Kota Kotamobagu. (*/junaidi amra)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.