Sekda Kotamobagu Turun Langsung Sosialisasi Lomba IGA Tahun 2024

Bagikan Artikel Ini:

 

Sekda Kotamobagu Turun Langsung Sosialiasi Lomba IGA Tahun 2024

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU -Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu Sofyan Mokoginta mengatakan kalau lomba inovasi daerah atau innovative government award (IGA) di Kota Kotamobagu tahun 2024 adalah kali ke-5 diselenggarakan oleh pemerintah.
Hal itu diungkapkan Sofyan dalam kegiatan sosialiasi lomba IGA ang diadakan di ruang rapat Bappelitbangda Kotamobagu, Selasa 2 Juli 2024.

“Tema pembangunan tahun 2024 yaitu meningkatkan sumber pembiayaan pembangunan melalui tata kelola pemerintahan yang baik, demokratis dan berdaya saing” agar ini dapat tercapai, kepala perangkat daerah dan seluruh stakeholders pembangunan berupaya membantu kepala daerah dalam pencapaian pembangunan daerah dengan melaksanakan inovasi daerah,” ujar Sofyan (2/7/2024).

Sofyan Menambahkan kalau Inovasi daerah pada Pemkot Kotamobagu diarahkan untuk mendapatkan pemahaman tentang ruang lingkup inovasi dalam bentuk novasi tata kelola pemerintahan daerah, inovasi pelayanan publik, dan inovasi daerah lainnya sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Sofyan juga menyebutkan terjadi peningkatan indeks inovasi daerah yang menyatakan kota kotamobagu meraih skor indeks 52,09 poin dengan predikat sebagai kota inovatif.

“Jika diukur dari indikator indeks daya saing daerah atau IDSD, Kota Kotamobagu memiliki skor 3,63 poin atau rangking 2 setelah Kota Manado dari 15 kabupaten/kota di Sulawesi Utara,” terangnya.

“Dari kedua indikator tersebut, dapat dilihat bahwa arah pembangunan sudah berada pada jalur yang tepat. Oleh karena itu, pemerintah terus mendorong lahirnya inovasi-inovasi baru sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat lebih produktif, inovatif, efektif dan efisien serta mempercepat kemandirian dan kesejahteraan rakyat,” sambungnya.

Sofyan berharap melalui Kegiatan ini dapat memacu dan memotivasi perangkat daerah untuk membangun budaya inovasi dan berpikir kreativitas. (*)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.