Terapkan Elektronifikasi Transaksi Pemda, Pemkot Bakal Bentuk TP2DD

Bagikan Artikel Ini:

 

Elektronifikasi Transaksi Pemda

Ahmad Yani Umar

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU –  Rencana penerapan Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP) di seluruh Kabupaten/kota yang ada di Indonesia, ternyata telah disiapkan oleh Pemerintah Kota Kotamobagu, lewat intansi teknis terkait, dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo).

Hal ini tercermin dari pernyataan Kepala Diskominfo Kotamobagu, Ahmad Yani Umar yang menyebut kalau pihaknya, telah berkordinasi dengan Sekretaris Daerah, untuk rencana pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD).

“ETP ini, salah satu intinya adalah proses transaksi non tunai yang akan dilakukan di lingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu. Dmana, hal ini sudah ada sejumlah langkah yang dilakukan oleh pemerintah khususnya Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD), dan tinggal kita kembangkan lagi. Untuk itu, tentunya kita harus menyusun semaca roadmap guna mematangkan pelaksanaanETP itu,” ungkap Yani.

ETP ini masih dikatakan Yani akan memudahkan proses transaksi, sebab seluruhnya nanti akan dilakukan secara digital. “Salah satu contohnya adalah, ketika pelaksanaan kegiatan di OPD nanti, proses trabnsaksi makan minum maupun honorarium dan pengganti transport peserta akan tidak lagi secara cash, tetapi sudah lewat elektronik,” tambahnya.

Untuk menunjang pelaksanaan ETP itu, Yani mengatakan nantinya pihak Bank Indonesia (BI), akan melakukan pelatihan di setiap daerah, yang dikhususkan ke personal yang menangani keuangan di setiap lembaga. (mg1)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.