Terbanyak Se- Sulut, Kotamobagu Raih 3 Penghargaan Sekaligus dari Kemenkeu

Bagikan Artikel Ini:

 

Kotamobagu Raih 3 Penghargaan

Terbanyak Se- Sulut, Kotamobagu Raih 3 Penghargaan Sekaligus dari Kemenkeu

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU –  Pemerintah Kota Kotamobagu, dibawah kepemimpinan Wali Kota Ir Hj Tatong Bara dan Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan SH, menerima 3 penghargaan sekaligus dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) saat penyerahan Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) di Four Point Sheraton Hotel Manado, Selasa (01/12/2020) pagi tadi.

Adapun penghargaan yang diterima langsung oleh Wali Kota Ir Hj Tatong bara tersebut adalah penghargaan pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik terbaik pertama, kemudian penghargaan pengelolaan Dana Desa terbaik I, serta penghargaan atas capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama 7 kali berturut-turut. “Untuk penghargaan pengelolaan DAK fisik dan Dana Desa itu di tahun anggaran 2020, sementara pencapaian opini WTP selama 7 kali berturut-turut itu memang sudah didapat sejak ibu Wali Kota menjabat di periode pertama,” ujar Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD) Kota Kotamobagu Sugiarto Yunus.

Sugiarto juga mengatakan, kalau penghargaan itu diterima sebagai bentuk apresiasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) atas kepatuhan Pemkot Kotamobagu, dari segi penggunaan dan pelaporan DAK dan juga Dana Desa. “Out tidak lepas dari kerja sama seluruh SKPD sebagai pengelola DAK. Memang BPKAD yang mengkordinir untuk pelaporan berhubungan dengan kemenkeu, Tetapi semua dari kepatuhan SKPD juga untuk pelaporan,”tambahnya.

Dirinya menambahkan, DAK akan diterima oleh daerah dari pemerintah pusat, ketika pelaporan terhadap penggunaan DAK di tahun sebelumnya telah masuk semua. Dimana, proses pelaporan itu dilakukan sekira bulan februari di tahun berjalan. “Nah, itu jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mampu memenuhi semua itu, sebagaimana Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Makanya, kita mendapatkan penghargan tersebutm,” tuturnya. (mg1)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.