Wali Kota Tatong Bara Buka Konsultasi Publik Dalam Rangka Penyusunan RKPD Tahun 2023

Bagikan Artikel Ini:

 

Penyusunan RKPD Tahun 2023

Wali Kota Tatong Bara buka konsultasi publik Penyusunan RKPD Tahun 2023

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara, Senin 21 februari 2022 membuka secara langsung, kegiatan konsultasi public dalam rangka penyusunan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota kotamobagu tahun 2023.

Kegiatan yang digelar di Aula Rumah dinas Wali Kota Kotamobagu, itu diketahui ikut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan SH, Sekda Kotamobagu Ir Sande Dodo, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, jajaran kepala OPD, akademisi, LSM, serta elemen masyarakat terkait.

Wali Kota kotamobagu Ir Hj Tatong Bara dalam sambutanya mengatakan kalau kegiatan forum konsultasi public dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2023 tersebut, digelar berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (RI) no 86 tahun 2017.

“Dimana di dalamnya mengatur tentang tata cara perencanaan pengendalian dan mengevaluasi pembangunan serta tata cara evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJMD serta tata cara perubahan RPJMD, RPJPD dan rencana kerja Pemerintah Daerah,” ungkap Wali Kota.

Menurut Wali Kota Tatong Bara, RKPD memiliki peran dan kedudukan yang strategis, dalam penyelengaraan Pemerintah Daerah mengigat rencana kerja Pemerintah Daerah, memuat tentang kerangka ekonomi,sasaran dan prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja dan pendanaan dalam 1 tahun anggaran.

“Untuknya hal ini menjadi kewajiban, sebab akan dilakukan penyelarasan, sasaran dan prioritas Pembangunan daerah serta tema pembangunan daerah,” tambahnya.

Wali Kota juga mengatakan kalau konsultasi public RKPD tahun 2023 yang digelar itu, cukup penting mengigat tahun 2023 mendatang merupakan tahun ke 5 RPJMD Kota kotamobagu untuk masa waktu tahun 2018 -2023.

” Peran dan fungsi rencana kerja Pemerintah Kotamobagu 2023 ini menjadi sanggat penting, mengigat dokumen rancangan kerja pemerintah daerah merupakan pedoman dalam rangka penysusuna rencana APBD  kotamobagu tahun 2023,” tuturnya. (mg1)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.