Walikota :Komalig Merupakan Langkah Maju Melestarikan Adat dan Budaya Kita

Bagikan Artikel Ini:

 

Adat dan Budaya

Walikota Kotamobagu saat meresmikan replikasi rumah adat Komalig di Desa Kopandakan I

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Peresmian replika rumah adat Komalig di Desa Kopandakan I Kecamatan Kotamobagu Selatan, oleh Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara, menuai apresiasi khusus dari orang nomor satu di Kotamobagu tersebut.

Kepada sejumlah awak media, Tatong mengatakan kalau Komalig atau Rumah Adat yang dibuat dalam replika tersebut, merupakan sebuah inovasi yang cukup positif dari lapisan pemerintah dan masyarakat, yang ada di Desa Kopandakan I. “Ini merupakan langkah maju, untuk melestarikan adat dan kebudayaan kita, yang merupakan peninggalah leluhur,” ucap Tatong.

Meski demikian, Tatong juga mengatakan kalau kedepan, Komalig tersebut harus lebih representative, sehingga seluruh situs kebudayaan dan adat, bisa ditampilkan dalam bangunan itu. “Ini tempatnya masih kecil, kedepan harus dibuat lebih representative lagi, sebab acara adat baik itu bersifat suka dan duka saya lihat tadi belum ada di dalamnya, namun demikian kreatifvitas ini sudah cukup baik,” tambahnya.

Tatong juga mengapresiasi upaya dari Pemerintah dan Masyarakat Desa Kopandakan, yang telah membangun Komalig tersebut, lewat bantuan anggaran dari pemerintah pusat.  “Saat ini memang sudah ada beberapa peninggalan budaya dan jejak leluhur yang ada dalam Komalig tersebut. Ini merupakan sebuah hal yang cukup bagus, terlebih data peninggalan itu didapatkan dari luar negeri dan kemudian dibuat replikanya disini,” tuturnya. (jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.