Anies Akan Evaluasi Efektifitas UN

Bagikan Artikel Ini:
Ilustrasi Ujian Nasional

Ilustrasi Ujian Nasional

Jakarta, BT – Hasil serta efektifitas pelaksanaan Ujian Nasional (UN) bagi siswa, akan di evaluasi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anie Baswedan. Hal itu menyusul rencana akan dibentuknya tim evaluasi UN oleh mantan rektor Universitas Paramadina itu.
Tujuan pembentukan tim evaluasi UN itu menurut Anies, sebab dirinya ingin melihat sejauh mana pencapaian tujuan dari UN.
“Tujuan UN itu untuk menentukan standar kelulusan. Evaluasi ini dimaksudkan untuk melihat sejauh mana keberhasilan pelaksanaan UN itu,” ujar Anies, Jumat lalu.

Tim evaluasi UN yang akan dibentuknya itu, dikatakan Anies akan melihat sejauh mana keberhasilan pelaksanaan UN yang telah berjalan sekitar 12 tahun itu.
“Pelaksanaan UN sudah berjalan selama 12 tahun, sementara hasilnya masih behitu-begitu juga. Tentunya harus die evaluasi kelemahannya dimana, apakah pada standar mutu tenaga pendidik atau seperti apa,” tambah Anies.

Meski demikian, Anies belum bisa memberikan kepastian, apakah pelaksanaan UN itu akan dihapuas atau tidak.
“Kita masih menunggu evaluasi yang akan dilakukan dulu,” ungkapnya.

Anies juga meminta agar kontroversi penghapusan UN, tidak dilihat dengan cara negatif. Dia berharap persoalan itu lebih mengarah ke substantif.

“Ini bukan soal UN-nya tapi tujuan kenapa adanya. Tujuan kan ada pemetaan. Dengan cara UN, ada ngga pemetaan? Kalo nggak ada, baru pake cara lain. Ada banyak rumusan (solusi selain UN). Saya jamin akan ada solusi yang berbeda (jika UN dihapus), yg lain dari yang diwacanakan,” paparnya. (dt/jun)

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.