ASN Siap-Siap, Menpan Berencana Pangkas 1 Juta Birokrat

Bagikan Artikel Ini:
Yuddy Chrisnandi

Yuddy Chrisnandi

BERITATOTABUAN.COM, JAKARTA – Mereka yang berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) harus waspada mulai tahun ini. Pasalnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan) Yuddy Chrisnandi menyatakan, pihaknya berencana mengurangi jumlah ASN yang saat ini menyentuh angka 4,7 juta orang.

“Kemungkinan akan dikurangi sampai 1 juta orang,” ujar Yuddy, dilansir lewat salah satu media online nasional Selasa (05/01/2016) kemarin,
Alasan rencana pemangkasan mereka yang berstatus sebagai birokrat ini, menurut Yuddy sebagai upaya efisiensi penggunaan belanja pegawai.
“Untuk efisiensi hitungannya kira-kira seperti iji, jika sebulan (ASN) dengan tunjangan terima Rp 3 juta, kalikan 12 bulan. Kalikan 1 juta,” tambahnya,
Namun demikian dikatakan Yuddy hal tersebut belum dikonsultasikan dengan Presiden Joko Widodo,
“Ini baru rencana. Tentu masih dalam pengkajian. Jika sudah matang, akan kita laporkan ke Presiden untuk dimintai persetujuan,” tukasnya.
Soal rencana pengurangan ASN itu menurut Yuddy akan dilakukan secara bertahap.
“Targetnya sampai 2019. Pemangkasan akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Untuk hasil pengkajian soal itu mudah-mudahan 2 minggu kedepan sudah selesai,” tutupnya. (bsc/jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.