Buka Kemah Bakti Gerakan Pramuka VI, Yasti: Tanamkan Kebanggaan Sebagai Anak Indonesia

Bagikan Artikel Ini:

Suasana pembukaan Kemah Bakti oleh Bupati Bolmong

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow, membuka upacara pembukaan Kemah Bakti VI Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bolmong tahun 2019 dan Apel Besar dalam Rangka Memperingati HUT Pramuka yang ke-58, Selasa (29/10/2019), di Bumi Perkemahan Desa Mopait, Kecamatan Lolayan.Pada penyampaiannya di kegiatan Perkemahan dengan tema ‘Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI” itu, Yasti mengingatkan pentingnya pendidikan kepramukaan sebagai penunjang, pendidikan bagi anak-anak di Sekolah maupun pendidikan dalam keluarga.

Suasana pembukaan Kemah Bakti oleh Bupati Bolmong

“Hal ini tentunya sejalan dengan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia yang terus kita tingkatkan,” ucap Yasti yang juga merupakan Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Bolmong.Yasti juga berpesan kepada seluruh peserta, untuk menjadikan kegiatan itu sebagai sarana belajar, berkarya, dan membangun persatuan sebagai sesama anak bangsa.”Manfaatkanlah kegiatan ini untuk menjalin persahabatan dan kebersamaan antar sesama anggota pramuka. Tanamkan kebanggaan sebagai anak Indonesia, giatlah belajar dengan tekun, dan rajinlah beribadah disertai aktivitas olah jiwa dan olah raga,” tutur Yasti.

Suasana pembukaan Kemah Bakti oleh Bupati Bolmong

Khusus kepada Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Bolmong, Yasti berpesan agar terus melaksanakan revitalisasi gerakan pramuka.”Berikan dukungan dan fasilitas yang baik bagi pembentukan gugus depan berbasis sekolah maupun komunitas di seluruh pelosok daerah di Kabupaten Bolmong,” ujar Yasti.Prinsip dan metode kepramukaan yang universal, Yasti melanjutkan, harus dikedepankan. Serta memperkokoh gerakan pramuka sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional bagi kaum muda.”Yang dapat mencetak bibit unggul pemimpin masa depan bangsa,” harap Yasti.

Suasana pembukaan Kemah Bakti oleh Bupati Bolmong

Dalam kegiatan yang sama, kepada anggota Gerakan Pramuka yang memenuhi persyaratan, dianugerahkan penghargaan lencana Pancawarsa oleh kwartir daerah gerakan pramuka Sulut.Wakil Bupati Bolmong, Yanny Ronny Tuuk selaku Wakil Ketua Mabincab Gerakan Pramuka Bolmong menerima lencana Pancawarsa III, ketua DPRD Welty Komaling selaku ketua kwarcab Bolmong menerima lencana Pancawarsa III, Sekretaris Daerah, Tahlis Gallang selaku sekretaris Mabincab Pramuka Bolmong menerima lencana Pancawarsa IV, dan Kepala Dinas Pendidikan Bolmong Renti Mokoginta selaku andalan cabang menerima lencana Pancawarsa I.Diketahui, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan, Forum Komunikasi Pimpinan Desa, perwakilan Kepolisian Resor Kotamobagu, serta masyarakat.Pelaksanaan Kemah Bakti VI tahun 2019 itu sendiri berlangsung sejak 28 Oktober hingga 3 November 2019 mendatang. Peserta masing-masing siswa SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA se-Bolmong yang di mana SD/MI sebanyak 176 sekolah, SMP/MTs sebanyak 57 sekolah, dan SMA/MA sebanyak 20 sekolah. Peserta Penggalang SD/MI dan SMP terdiri dari 4.405 peserta, lenegak terdiri dari 417 peserta, dan pembina terdiri dari 626 orang dengan total pembina dan peserta sebanyak 5.448 orang. (ADV)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.