Dinas Perikanan Bolmong Siapkan Masterplan dan DED Pelabuhan Sauk

Bagikan Artikel Ini:

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Dinas Perikanan Kabupaten Bolmong sedang mempersiapkan Masterplan dan DED (Detail Engineering Design) Pelabuhan Tangkap Ikan di Desa Sauk, Kecamatan Lolak.

Menurut Kepala Dinas Perikanan Pemerintah Kabupaten Bolmong, Wahyudin Gonibala, Kamis (24/10/2019), percepatan pembangunan Pelabuhan Tangkap Ikan Sauk harus secepatnya diselesaikan.

“Karena saat ini ada sekitar 60-an lebih kapal ikan yang masih beraktivitas di Pelabuhan Labuan Uki. Itu cuma kapal-kapal ikan lokal, belum ditambah dengan kapal yang dari daerah luar,” ujar Wahyudin.

Sementara, lanjut Wahyudin, Pelabuhan Labuan Uki peruntukkannya bukan sebagai pelabuhan tangkap ikan.

“Pelabuhan Labuan Uki kan adalah pelabuhan bongkar muat. Jika sudah resmi dioperasikan setelah selesai pembangunannya yang saat ini sedang berjalan, maka sesuai instruksi dari Kementerian, kapal-kapal ikan sudah tak bisa lagi berlabuh di situ,” ucap Wahyudin.

Dijelaskan Wahyudin, sebenarnya pada tahun 2018 kemarin, tim dari Kementerian Kelautan Republik Indonesia sudah datang untuk meninjau lokasi pembangunan Pelabuhan Tangkap Ikan di Sauk.

“Dan sudah disetujui oleh pihak Kementerian, karena semua persyaratan terpenuhi. Tetapi kendalanya itu tadi, Masterplan dan DED-nya belum ada,” tutur Wahyudin.

Karenanya, imbuh Wahyudin, pihaknya sedang mengupayakan agar Masterplan dan DED Pelabuhan Tangkap Ikan tersebut segera selesai.

“Dari pihak Pemerintah Provinsi saat FGD (Focus Group Discussion) kemarin juga, sudah mendorong agar secepatnya diselesaikan. Kami juga sudah berkomunikasi dengan Dishub (Dinas Perhubungan Bolmong, RED.) Insya Allah semua berjalan lancar,” demikian Wahyudin. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.