DPRD Sulut Paripurnakan Ranperda APBD 2025

Bagikan Artikel Ini:

Sulut, BeritaTotabuan.Com  – Ketua DPRD Sulut dr Fransiscus Andi Silangen,SpB- KBD memimpin jalannya rapat paripurna penjelasan Gubernur terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) 2025 dan sekaligus mendengarkan pemandangan umum fraksi – fraksi terhadap Ranperda tersebut.

Rapat Paripurna yang digelar di ruang rapat paripurna gedung DPRD Sulut, dibuka oleh ketua DPRD Sulut, yang diawali dengan memuji kinerja dari pemerintah provinsi Sulut, Rabu (4/9/2024).

Dengan semangat Sulawesi Utara, semakin hebat yang kita susun jelang ulang tahun provinsi Sulawesi Utara yang ke-60 tahun ini, kita bersama sama, mengakui dan menghargai kerja keras serta dedikasi yang luar biasa dari bapak Gubernur profesor Dr. (H.C.) Olly Dondokambey, S.E. dan wakil Gubernur bapak Dr. Steven OE Kandouw,” ucap ketua Andi Silangen,

Sebut ketua andi, dimana Gub Olly dan Wakilnya Steven telah membawah Sulawesi Utara mendapatkan penghargaan bergengsi ditingkat nasional, maupun internasional.

“mulai dari sektor pariwisata yang terus berkembang pesat, hingga sektor ekonomi yang menunjukan stabilitas dan bertumbuhan yang mengesankan, keberhasilannya adalah bukti nyata, kerja keras dan ketulusan dan integritas,” katanya

Ungkap Silangen lagi, pemimpin kita telah menjadi pondasi yang kuat, untuk membangun provinsi yang lebih maju dan sejahtera, dimasa mendatang dimana tetap berpegang teguh kepada nilai nilai kebaikan, keadilan dan kasih sayang, dan diharapkan Sulawesi akan terus bersinar menjadi provinsi yang diberkati

“Sebagaimana firman Tuhan dalam Yeremia 29 : 11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan – rancangan apa yang ada padaKu Mengenai kamu, demikianlah Firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan,” Jelasnya.

“Sulawesi Utara pasti mendapatkan hari depan yang penuh harapan, lewat kepemimpinan yang takut akan Tuhan,” katanya.

Pada kesempatan itu,Wakil Gubernur Steven Kandouw memaparkan bahwa pemerintah daerah dibawah kepemimpinan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey memprioritaskan pembangunan daerah. Kandouw membeberkan prioritas pembangunan yang sejalan dengan arah kebijakan pembangunan nasional, maka pembangunan ekonomi Provinsi Sulut tahun 2025 dilaksanakan untuk mendukung kebijakan pembangunan daerah secara holistik dengan tema yaitu Sulawesi Utara sebagai Superhub di kawasan timur Indonesia.

Adapun 8 (delapan) prioritas pembangunan tersebut, yaitu :
Pertama, pemerataan pembangunan yang berkualitas dan budaya.

Kedua, penguatan kapasitas sumber daya manusia.

Ketiga, peningkatan daya saing perekonomian daerah.

Keempat, peningkatan daya saing investasi daerah.

Kelima, penanggulangan kemiskinan.

Keenam, pembangunan pertanian, perkebunan, perikanan, dan pariwisata.

Ketujuh, peningkatan kualitas tata kelola pemerintah.

kedelapan, peningkatan kualitas pelayanan publik.

Kandouw berharap, APBD Provinsi Sulawesi Utara tahun anggaran 2025 dapat ditanggapi oleh anggota DPRD yang terhormat, dibahas bersama guna membuat kajian secara komperhensif hingga pada waktunya nanti ranperda dapat diparipurnakan bersama.

“Untuk menjadi landasan dalam menyelenggarakan pemerintahan dan melanjutkan pembangunan daerah mengiringi kemajuan daerah, mengiringi kemajuan bangsa dan membuat masyarakat Sulut sejahtera secara keseluruhan,” tutup Kandouw.

Ketua DPRD Sulut saat itu didampingi oleh Wakil Ketua Viktor Mailangkay, Billy Lombok dan dihadiri anggota DPRD Sulut serta Sekprov bersama jajaran SKPD provinsi Sulut.

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.