Faperta Unsrat Resmi Bekerjasama Dengan Pemkab Bolmong

Bagikan Artikel Ini:

Faperta Unsrat Resmi Bekerjasama Dengan Pemkab Bolmong

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Negeri Sam Ratulangi (Unsrat) Manado resmi bekerjasama dengan Pemkab Bolmong di bidang kajian, penelitian dan pengembangan pembangunan ekonomi di Kabupaten Bolmong.

Kerjasama disepakati lewat penandatanganan perjanjian kerjasama di auditorium Unsrat, Senin (31/05/2021) antara Pemkab Bolmong melalui melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) dengan Fakultas yang juga beken dengan julukan Kampus Hijau tersebut.

“Perjanjian kerjasama ini terkait dengan pengembangan serta pemberdayaan ekonomi kerakyatan mulai dari UMKM dan home industry,” ungkap Kepala Bappeda Bolmong, Taufik Mokoginta.

Menurut Taufik, seiring dengan kerjasama itu, nantinya Unsrat akan datang langsung ke kabupaten Bolmong untuk mengkaji sumber daya alam (SDA) yang ada.

“Selanjutnya melalui ilmu serta teknologi mereka bisa turut membantu untuk membangun UMKM maupun home industry yang ada di Bolmong,” ucap Taufik.

Taufik pun meyakini, berbagai teknologi dan kemampuan yang dimiliki Unsrat, dipastikan bisa meningkatkan dan menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bolmong secara baik dan cepat.

“Dalam waktu dekat Unsrat bakal melakukan berbagai seminar yang berkaitan dengan hasil kajian mereka di Kabupaten Bolmong,” ujar Taufik.

Kurang lebih delapan kali seminar untuk mendengar usul saran dari berbagai stakeholder, lanjut Taufik, untuk perencanaan apa yang akan dibuat.

“Jadi secara prinsip desain sudah dipersiapkan, tinggal action. Setidaknya untuk tahun ini dan tahun depan,” demikian Taufik.

Diketahui, penandatangan perjanjian kerjasama antara Taufik yang mewakili Pemkab Bolmong dengan Rektor Usrat Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, MSc, DEA dan Dekan Fakultas Pertanian Unsrat Manado Prof. Ir. Robert Molenaar, MS. PhD itu, disaksikan langsung Gubernur Sulut, Olly Dondokambey. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.