Ini Makna Logo HUT RI ke 75

Bagikan Artikel Ini:

 

Logo HUT RI

BERITATOTABUAN.COM, NASIONAL – Pemerintah Republik Indonesia telah meluncurkan logo untuk peringatan HUT Republik Indonesia (RI) ke 75 yang akan diperingati serentak secara nasional, pada Senin 17 Agustus 2020 mendatang.

Logo itu sendiri menurut Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) merupakan symbol dari Indonesia yang bisa terus memperkokoh kedaulatan, persatuan dan juga kesatuan di Negara ini. Dimana, hal tersebut bukan hanya sekedar kata, tapi lebih dari itu, menurut Kemensetneg logo tersebut juga merupakan symbol bahwa kemerdekaan merupakan sebuah kesempatan.

Kesempatan untuk bermimpi hingga menjadi kenyataan, juga kesempatan untuk berkarya tanpa batas.

 

Logo Perisai Bertuliskan Angka 75

Logo HUT RI yang berbentuk menyerupai perisai dengan angka 75 sendiri, menurut Kemensetneg diambil dari lambing garuda pancasila.

Yang mana logo tersebut menurut mereka, merupakan sebuah gambaran kalau Indonesia adalah Negara yang bisa memperkokoh kedaulatan, serta menjaga persatuan dan kesatuan. Dimana, logo itu juga menyimbolkan sebuah kesetaraan, dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia, serta kemajuan dalam bekerja, untuk mempersembahkan hasil terbaik, bagi segenpa rakyat Indonesia.

 

Logo Bangga Buatan Indonesia

Logo HUT RI

Bangga Buatan Indonesia

Logo ini sendiri merupakan sebuah upaya untuk terus menumbuhkan rasa cinta terhadap buatan dalam negeri. Dimana, ini juga seiring dengan usaha untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dengan salah satu caranya adalah menggunakan produk dalam negeri Indonesia sendiri, sebagai sebuah bentuk kebanggaan akan produk lokal Indonesia. Warna merah putih yang ada dalam logo tersebut merupakan bukti kebersamaan dalm kesatuan.

 

Logo Supergraphic

Logo HUT RI

Supergraphic

Logo dengan gambar supergraphic tersebut, merupakan sebuah dekonstruksi dari angka 75 yang dipecah menjadi 10 bagian, yang mana hal tersebut ikut merepresentasikan sebuah komitmen akan nilai-nilai luhur pancasila. Dimana, aplikasi dari gambar supergraphic tersebut sangat fleksibel karena bersifat abstrak, dan merupaka rakitan dari 10 pecahan yang menjadi sebuah kesatuan bentuk.

Logo HUT RI

Supergraphic

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) sendiri telah mengeluarkan edaran dari Menteri Sekretaris Negara, terkait dengan penyempurnaan penggunaan tema dan log peringatan HUT RI ke 75 tersebut, dimana salah satunya termasuk penyempurnaan dengan penambahan logo Bangga Buatan Indonesia, sebagai sebuah kesatuan logi dari peringatan HUT RI ke 75 tahun ini. (sumber :tirto.id)

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.