Ini Penyebab Lambatnya Internet di Indonesia Versi Mark Zuckerberg

Bagikan Artikel Ini:
Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg

Jakarta, BT – Kedatangan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg ke Indonesia tidak hanya sekedar ingin bertemu presiden terpilih, Joko Widodo (jokowi). Terbukti, miliuner yang masih berusia 30 tahun ini, menyempatkan diri hadir dalam lokakarya internet.org, Selasa (14/10/2014) siang tadi.
Dari sejumlah situs yang dilansir beritatotabuan.com, dalam acara itu, Mark sempat mengutarakan penyebab lambatnya kecepatan internet di Indonesia.
“Di sini (Indonesia), salah satu masalah paling besar adalah efisiensi,” kata Zuckerberg.

Menurut Zuckerberg, Indonesia harus punya strategi khusus agar internetnya lebih baik. Salah satu strategi yang diusulkannya adalah penyedia konten online di Indonesia harus bisa menekan penggunaan data seluler untuk semaksimal mungkin memanfaatkan bandwidth mobile yang tersedia.
“Makanya fokus kami adalah persoalan ekonomi dan efisiensi data. Contohnya saja, ukuran file aplikasi Facebook di Android telah menyusut 50 persen sehingga menghemat bandwidth,” katanya.
Facebook bersama Internet.org berusaha mendorong efisiensi penggunan data seluler di Indonesia. Caranya adalah dengan mengoptimalkan jaringan dan membuat aplikasi yang mampu menggunakan bandwidth internet dengan lebih hemat.
“Pada akhirnya, koneksi internet ini amat penting bukan hanya untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia, namun juga bagi iklim budaya dan inovasi di seluruh dunia,” tutupnya. (trn/jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.