Innalillahi Wa Innailaihi Rajiuun, Mantan Anggota DPR RI Dari Sulut Meninggal Dunia

Bagikan Artikel Ini:

 

BERITATOTABUAN.COM, SULUT – Warga Sulawesi Utara kembali berduka. Hal ini menyusul meninggalnya mantan anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Utara yang merupakan salah satu begawan ataupun tokoh politik PPP Sulawesi Utara, yakni Hi Sukardi Harun.

Almarhum Sukardi diketahui merupakan salah seorang tokoh Syarikat Islam (SI) Sulawesi Utara yang meniti karir politiknya dari bawah. Dimana, di tahun 1962-1967 dirinya telah menjadi anggota DPRD-GR Kabupaten Minahasa mewakili Minahasa Utara.

Selanjutnya, lewat PPP dirinya kembali mendapatkan mandate untuk menjadi anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara sejak tahun 1977-1997. Usai menjadi anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara di tahun 1997, dirinya kemudian didaulat untuk naik setingkat ke Senayan dengan menjadi anggota MPR-RI  lewat kursi perimbangan untuk anggota non DPR RI, di era transisi masa kepemimpinan Soeharto ke BJ Habibie pada waktu itu.

Di tahun 1999 dirinya lewat PPP terpilih menjadi anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Sulut (termasuk Gorontalo sebelum dimekarkan) hingga tahun 2004. Tidak berhenti sampai disitu, di tahun 2004 dirinya kembali mendapatkan mandate rakyat menjadi anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Utara, dimana hal itu dijalankannya hingga tahun 2009.

Almarhum kemudian menghabiskan masa tuanya di Kota Manado, tepatnya di Kelurahan Dendengan Dalam. Dimana, Minggu (26/07/2020) dini hari tadi sekira pukul 02.00 WITA, dirinya menghembuskan nafas terakhir di usia 88 tahun. Informasi yang didapat, mantan Ketua PPP Sulut di tahun 1990-1998 ini akan dikebumikan di Girian Kota Bitung. (*)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.