Kondisi Pasar Serasi Tak Lagi Memadai, Pemkot Ajak Pedagang Pindah ke Pasar Genggulang

Bagikan Artikel Ini:

 

Pasar Genggulang Segera Dioperasikan

Pasar Genggulang

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU —Pemerintah Kota Kotamobagu melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM mengajak para pedagang yang berjualan di Pasar Serasi, Pasar Ikan, Pasar Ayam dan Pasar Daging untuk pindah ke Pasar Genggulang yang telah disiapkan Pemkot Kotamobagu.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Kotamobagu, Ariono Potabuga, S.Pd. ME, kondisi pasar serasi yang ditempati para pedagang untuk berjualan, saat ini kondisinya sudah sangat memprihatinkan.

“Pasar serasi sudah tidak layak lagi digunakan untuk berjualan. Kondisi sudah memprihatinkan, mulai dari sanitasi dan drainase yang buruk, jalan akses di dalam pasar sempit dan becek pada saat hujan, lahan parkir yang terbatas dan tidak tersedianya fasilitas pengolahan air limbah atau IPAL,” ujar Ariono.

Dengan kondisi seperti ini lanjut Ariono, membuat pasar yang berada di pusat kawasan kotamobagu ini terlihat kumuh dan kotor. Para pembeli menjadi kurang nyaman jika ingin berbelanja di pasar ini.

“Selain tampak kumuh dan kotor, pedagang lainnya yang berjualan hingga ke badan jalan di luar area pasar membuat kemacetan menjadi pemandangan rutin setiap harinya yang cukup menganggu para pengguna jalan. Apalagi untuk pasar ikan yang sangat berdekatan  dengan pemukiman penduduk, sehingga sangat rawan jika terjadi bencana kebakaran. Pasar Serasi juga merupakan wajah Kotamobagu, ini hal yang juga harus kita pikirkan bersama,” ucapnya.

Untuk itu Pemerintah Kota Kotamobagu melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM telah menyiapkan lokasi pasar baru bagi para pedagang pasar serasi untuk berjualan.

“Pasar Genggulang fasilitasnya lebih lengkap, lebih memadai. Mulai dari ketersediaan air, listrik, sanitasi dan drainase yang lebih memadai, hingga sarana pengolahan air limbah. Semuanya telah kami siapkan. Untuk itu kami mengajak para pedagang pasar serasi untuk ayo segera pindah ke pasar Genggulang. Mari kita bersama-sama mewujudkan pasar yang lebih bersih, sejuk, nyaman dan lebih modern di Kota Kotamobagu,” tuturnya. (*/mg1)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.