KPU Perketat Seleksi Rekrutmen Anggota KPPS Se-Sulut

Bagikan Artikel Ini:

Manado, Beritatotabuan.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut) mengungkapkan akan memperketat seleksi rekrutmen anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Proses penerimaan akan mengutamakan anggota yang berpengalaman.

“Bercermin dari rekruitment KPPS di Pemilu sebelumnya tentu teman-teman sudah banyak catatan maupun evaluasi terkait siapa saja yang layak untuk direkruit kembali, jangan sampai kita salah mengajak orang bergabung yang nantinya akan menimbulkan masalah yang berulang,” ujar Ketua KPU Sulut Kenly Poluan, di depan Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM serta Kasubag di 15 Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara, pada Senin (9/9/2024).

Pada kegiatan rapat koordinasi (Rakor) persiapan pembentukan KPPS pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024, di Hotel Grand Whiz yang berlangsung selama 3 hari pada Senin-Rabu (9-11/9), Kenly mengingatkan pentingnya proses penerimaan Badan Adhoc. Menurutnya, KPU di daerah lebih mengedepankan anggota yang sudah berpengalaman untuk meminimalisir kesalahan.

“Selain itu kita juga perlu mengutamakan orang-orang yang berpengalaman yang sudah memahami kerja-kerja sebagai KPPS. Saya juga berharap semoga direntan waktu yang singkat ini proses pembentukan KPPS di Sulawesi Utara dapat berjalan lancar,” ujar Poluan.

Sementara itu, Anggota KPU Sulut Meidy Tinangon mengingatkan tentang aturan proses rekrutmen Badan Adhoc. Menurutnya aturan rekrutmen KPPS di Pilkada dan Pileg tidaklah jauh berbeda, kendati demikian, aturannya harus tetap dipahami oleh Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM.

“Berbeda dengan perekrutan PPK yang dilangsungkan oleh KPU Kab/Kota untuk rekruitment KPPS sendiri dilakukan secara serentak sehingga perlu penekanan secara berjenjang untuk melaksanakan tata cara serta mekanisme yang telah diatur,” terangnya.

Disisi lain, Anggota KPU Sulut Awaluddin Umbola mengatakan dalam kegiatan yang digelar selama 3 hari tersebut banyak membahas kesiapan proses rekrutmen KPPS. Pihaknya bersama KPU Kabupaten dan Kota membahas tentang masalah dalam proses rekrutmen, untuk diantisipasi kejadiannya bila berpotensi terjadi kedepan.

“Berbagai catatan evaluasi dan permasalahan akan didiskusikan beberapa hari ini sehingga kita semua dapat memetakan permasalahan dalam proses rekruitment dan kemudian dicarikan solusinya,” terangnya.

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.