Kunjungi Perbatasan Sulut, Mekopolhukam : Kedaulatan Indonesia Harus Dijaga

Bagikan Artikel Ini:

Kunjungi Perbatasan Sulut, Mekopolhukam : Kedaulatan Indonesia Harus Dijaga

BERITATOTABUAN.COM, SULUT – Kunjungan Menteri Kordinator Politik Hukum dan HAM atau Mekopolhukam Mahfud MD ke Provinsi Sulawesi Utara, dilanjutkan dengan mengunjungi wilayah perbatasan di Kabupaten Talaud.

Dimana, dalam arahannya saat berada di Rumah Jabatan Bupati Talaud, Menkopolhukam Mahfud MD, mengingatkan kembali soal kedaulatan Indonesia yang harus dijaga. Yang mana, hal ini tertuang dalam pembukaan UUD 1945, yang berbunyi ‘kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu pemerintah dan melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia itu harus di jaga kedaulatannya’. “Artinya kekuasaan dalam mengatur dan mengambil tindakan itu atas nama negara”. Demikian arahan Menkopolhukam saat memberi pengarahan kepada pemerintah daerah dan tokoh masyarakat kabupaten kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, di Wanala kediaman Bupati Talaud, Selasa 24 Mei 2022.

Menkopolhukam juga mengatakan, jangan main-main dengan batas-batas Indonesia karena Indonesia adalah bagian dari kedaulatan. “Maka untuk itu pemerintah sekarang membentuk Gerbang Dutas (Pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu) dalam rangka untuk melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia,” tegas Mahfud.

Dalam kesempatan tersebut Menkopolhukam sangat mengapresisai serta bangga dan berterima kasih atas kesiapan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud dalam mendukung kegiatan yang sangat luar biasa dalam menghadapi Gerbang Dutas Tahun 2022. “Ini merupakan suatu wadah yang mempersatukan wilayah khususnya daerah perbatasan,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama Menkopolhukam menandatangani Prasasti Program Kegiatan Tahun 2021 dan penyerahan simbolis bantuan kepada Masyarakat Perbatasan, oleh Kementrian Polhukam, Kemendagri, BNPP, dan Pemda. Serta di lanjutkan peletakan batu pertama Pembangunan Gedung Perpustakaan Daerah oleh Menkopolhukam dan dilanjutkan meninjau vaksinasi pelayanan Dukcapil di Kodim 1312/Talaud.

Dalam kesempatan itu juga Menkopolhukam yang di dampingi oleh Menteri dalam Negeri M. Tito Karnavian beserta rombongan dan unsur Forkopimda Sulut termasuk Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfret Denny D. Tuejeh, melanjutkan kunjungannya ke Pulau Miangas untuk melaksanakan Peninjauan vaksinasi dan Peninjauan lokasi pembangunan rumah sehat Baznas.

 

Laporan : Moch. Irzal

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.