Passi Barat Menuju Kawasan Sentra Produksi Nanas

Bagikan Artikel Ini:

Perkebunan Nanas (credits : IG @medilimbanadi)

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Merespon tema pembangunan yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow untuk Tahun 2021 mendatang terkait pemantapan kontribusi sektor pertanian, Kecamatan Passi Barat mempersiapkan diri menjadi kawasan sentra produksi buah Nanas.

“Petani di 13 Desa yang ada di Kecamatan Passi Barat, sudah diarahkan untuk meningkatkan produksi buah nanas sebagai produk unggulan wilayah ini,” ungkap Camat Passi Barat, Marief Mokodompit, Kamis (30/01/2020), saat diwawancarai di sela-sela pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan di Balai Pertemuan Umum Desa Otam Barat.

Menurut Marief, pihaknya juga telah mulai menjalankan rencana pengembangan kawasan sentra produksi nanas dengan pendekatan sistem agrobisnis industri pengolahan dengan memanfaatkan nanas hasil produksi dari petani.

“Tujuannya agar ke depan bisa terbangun kawasan industri dari hulu ke hilir di Kecamatan Passi barat. Hingga imbasnya tingkat ekonomi dan kesejahteraan masyarakat akan meningkat,” ucap Marief.

Saat ini, lanjut Marief, di wilayah Passi Barat telah teridentifikasi sebanyak 25 UMKM yang menggunakan nanas sebagai bahan baku untuk produknya masing-masing.

“Produk-produk berbahan baku nanas tersebut, di antaranya madu nanas, selai nanas, dodol nanas, dan kripik nanas,” tutur Marief.

Selain itu, dijelaskan Marief, buah nanas dari wilayah Passi Barat telah menjadi primadona dan tentunya sejalan dengan meningkatnya permintaan pasar.

“Jadi selain meningkatkan hasil produksi buah nanas, program penanaman berkala juga sedang dijalankan. Agar produksi nanas tidak terhenti, dan akan bisa memenuhi permintaan pasar,” demikian Marief.

Diketahui, ‘Pemantapan Kontribusi Sektor Pertanian, Perikanan, dan Pariwisata terhadap Perekonomian Regional dan Pemerataan Pendapatan Masyarakat,’ menjadi tema yang dicanangkan Pemkab Bolmong untuk Tahun 2021 mendatang.

Sehingga pembenahan dan inovasi-inovasi yang bisa meningkatkan sektor-sektor yang disebutkan di atas termasuk sektor pertanian, saat ini menjadi prioritas dari Pemkab Bolmong. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.