Persiapan Relokasi Pasar Lolak, Fasilitas Pasar Dulangon Dibenahi

Bagikan Artikel Ini:

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Pembenahan fasilitas penunjang Pasar Dulangon menjadi fokus Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), untuk menunjang rencana relokasi Pasar Lolak.

“Untuk pasar Lolak kita upayakan untuk segera dilakukan relokasi ke pasar yang ada di Dulangon yang sudah dibangun sejak 2015 lalu,” ungkap Kepala Dinas Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral Pemkab Bolmong, Tonny Toligaga, Kamis (16/01/2020) di ruang kerjanya, Lolak.

Tetapi, dijelaskan Tonny, pihaknya harus memastikan dulu pasar yang baru agar lebih baik dari tempat yang lama untuk mencegah timbulnya dampak-dampak tertentu.

“Belum adanya ketersediaan air bersih dan jaringan listrik sebagai sarana penunjang pasar menjadi salah satu prioritas pembenahan,” ucap Tonny.

Tujuan utama dari relokasi tersebut, ungkap Tonny, dimaksudkan agar supaya para pedagang menerima fasilitas yang lebih baik.

“Membuat mereka nyaman dan mampu mengembangkan usahanya lebih baik dan maju. Sehingga, tujuan untuk menciptakan peluang-peluang pertumbuhan ekonomi dapat terealisasi,” imbuh Tonny.

Tonny pun berharap, dengan adanya agenda relokasi tersebut jumlah pedagang dan intensitas transaksi nantinya di lokasi yang baru akan lebih meningkat dan ramai.

“Mudah-mudahan itu juga akan menambah pundi-pundi PAD (Pendapatan Asli Daerah, RED.),” ujar Tonny.

Selain itu pasar Dulangon, lanjut Tonny, pihaknya akan terus menggenjot peningkatan sarana, fasilitas dan infrastruktur penunjang perdagangan pasar lainnya.

“Mana pasar yang sudah eksis dan sarana prasarananya sudah mulai menurun, itu yang kita upayakan untuk ditingkatkan. Mulai dari aspek volume jangkauannya sesuai dengan luasan lahan yang kita miliki. Kemudian, termasuk juga infrastruktur penunjang bagaimana agar lebih bagus,” demikian Tonny. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.