Puluhan Hektar Sawah di Bolmong Terendam Banjir

Bagikan Artikel Ini:
Sawah terendam banjir

Sawah terendam banjir

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Bolmong, semenjak Rabu (20/01/2016) lalu hingga hari ini, membuat aliran sungai Bumbung dan Bolangat meluap. AKibatnya dua desa di Kecamatan Sangtombolang yakni Desa Bolangat dan Lolanan terendam banjir.

Dari hasil pantauan BeritaTotabuan.com di lokasi banjir ketinggian air diperkirakan sampai dengan 1 meter yang mengakibatkan 64 Rumah Warga dan puluhan hektare persawahan  terendam air.

Dari hasil pemantau juga, terlihat sebagian warga yang rumahnya terendam air, mulai menyelamatkan atau memindahkan alat-alat rumah tangga milik warga.

Kepala Dusun 4 Desa Bolangat, Hajirin Paputungan kepada media ini mengatakan meluapnya air antara aliran sungai Bolangat dan aliran sungai Bumbung ini debit airnya naik pada pagi hari tadi.

“Air sudah naik sejak tadi pagi, dan pada siang hari debet air mulai bertambah besar,dan mengakibatkan kuranglebih 64 rumah warga desa Bolangat terendam air,” ujar Paputungan.

Sementara itu kepala Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolmong, Ir Channy Wayong di lokasi banjir, mengatakan pihaknya sudah sejak pagi tadi berada di tempat kejadian.

“Dari hasil amatan kami, Desa Bolangat merupakan wilayah yang paling parah pada banjir tahun ini,” ujar Channy.

Dirinya pun menambahkan, kalau pihaknya saat ini tengah melakukan pendataan rumah-rumah warga yang terendam air dan butuh penanganan.

“Selanjutnya, melihat cuaca yang saat ini masih turun hujan, kami mengimbau pada masyarakat Bolaang Mongondow untuk tetap selalu waspada terhadap terhadap banjir,” tutupnya (supanri)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.