Rp230 Miliar Disiapkan Samsung Untuk Bangun Pabrik Ponsel

Bagikan Artikel Ini:
Salah satu pabrik samsung di China

Salah satu pabrik samsung di China

Jakarta – Perusahaan raksasa pembuat ponsel Samsung Corporation, tengah melirik Indonesia, untuk dijadikan lahan penanaman investasi. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan asal Korea Selatan ini, bahkan siap menggelontorkan dana sebesar US$ 20 juta atau setara Rp 230 miliar. Dana itu merupakan dana awal untuk membangun pabrik perakitan ponsel di Indonesia.
Adapun lokasi pabrik yang dipilih adalah kawasan industri Jababeka di Bekasi, Jawa Barat. “Mereka (Samsung) memulai pembangunan tahun ini secara bertahap. Dimulai dengan investasi US$ 20 juta untuk pembelian mesin dan peralatan dan perakitan ponsel,” kata Hidayat, Menteri Perindustrian, dilansir lewat tabloid ekonomi Kontan, Minggu (17/08/2014).
Namun, Hidayat enggan membeberkan beberapa total investasi dan kapasitas pabrik ponsel Samsung tersebut. Begitu pula dengan proses tahapan pembangunannya. “Biar mereka (Samsung) nanti yang umumkan. Kami harus jaga agar investasinya tetap berjalan,” terang Hidayat.
Hidayat menegaskan, investasi Samsung di Indonesia akan menjadi magnet investasi. Sebab, kehadiran Samsung akan mengundang pabrikan ponsel lain ikut investasi. “Samsung itu brand bagus, bisa jadi benchmark atau acuan investor industri besar lainnya,” terang Hidayat.
Budi Darmadi, Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi, Kementerian Perindustrian menambahkan, proses penjajakan investasi pabrik ponsel Samsung sudah dilakukan sejak 8 bulan–9 bulan lalu. Dalam proses penjajakan itu, Kemperin mempersiapkan aspek legalitasnya.
Dalam proyeksi Budi, pembangunan dan operasional pabrik ponsel Samsung akan berlangsung tahun depan. Namun, berapa kapasitas produksi pabrik, Budi masih enggan menjelaskannya. “Yang jelas pemerintah ingin Samsung bikin pabrik ponsel guna substitusi impor ponsel mereka (Samsung) sekitar 800.000 unit–1 juta unit sebulan,” terang Budi.
Mengacu data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Samsung sudah memiliki pabrik di Jababeka, Bekasi sejak tahun 1991 silam. Pabrik itu memproduksi aneka produk elektronik dan komponen elektronik, dan terus mengembangkan pabrik.
Keinginan Samsung membangun pabrik ponsel di Indonesia ini dibenarkan oleh Kanghyun Lee, Corporate Affair Vice President Samsung Electronics. “Kami telah berdiskusi dengan pemerintah mengenai rencana membuat perakitan ponsel untuk pasar domestik,” ujarnya. (ktn/jun)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.