Seriusi Pengendalian Inflasi, Bupati James Sumendap Hadiri Rakornas Kepala Daerah Yang Digelar Kemendagri

Bagikan Artikel Ini:

Seriusi Pengendalian Inflasi, Bupati James Sumendap Hadiri Rakornas Kepala Daerah Yang Digelar Kemendagri

BERITATOTABUAN.COM, BOGOR –Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap SH, Selasa 17 Januari 2023, menghadiri kegiatan Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas), yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri, dalam rangka pengendalian inflasi di daerah.
Kegiatan yang menghadirkan seluruh kepala daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se Indonesia itu, menurut Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Benni Irwan, akan membahas sejumlah isu strategis.

Seriusi Pengendalian Inflasi, Bupati James Sumendap Hadiri Rakornas Kepala Daerah Yang Digelar Kemendagri

Adapun diantara isu yang akan dibahas tersebut, yakni penguatan pertumbuhan ekonomi bersamaan dengan pengendalian inflasi, percepatan penanganan pandemic covid-19, menuju endemic, penguatan iklim investasi, dan kemudahan berusaha di daerah, penurunan stunting dan kemiskinan, hingga penguatan jaring pengaman social.

“Kepala daerah bersam Forkopimda memiliki peranan penting dalam isu-isu ini, sehingganya kita melakukan Rakornas ini untuk memperkuat sinergitas program dari pusat ke daerah,” ucapnya.

Seriusi Pengendalian Inflasi, Bupati James Sumendap Hadiri Rakornas Kepala Daerah Yang Digelar Kemendagri

Sementara itu, Bupati James Sumendap S.H mengatakan kalau kehadiran dirinya di Rakornas tersebut, sekaligus untuk mendengarkan arahan Presiden Joko Widodo yang rencananya akan ikut hadir pada kegiatan itu.

“Tentu ada beberapa arahan dari bapak Presiden Joko Widodo yang akan disampaikan, terkait dengan program pemerintah pusat, yang bisa diaplikasikan ke daerah. Ini penting untuk kita simak, agar keselarasan program oleh pemerintah pusat bersama pemerintah daerah bisa tercapai, dalam memaksimalkan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi,” imbuh James.

Selain itu, James juga mengatakan upaya pengendalian inflasi di daerah yang dipimpinnya yakni Kabupaten Minahasa Tenggara, telah dilakukan sejak tahun 2022 lalu.

“Di akhir tahun baru-baru ini kita menggelar pasar murah di 6 titik yang ada di seluruh Kabupaten Mitra, untuk menekan angka inflasi di daerah. Selain itu, ada juga program lainnya, seperti pemberian bantuan kepada kelompok nelayan, penyediaan bibit ikan air tawar, penyediaan bibit pertanian, serta program lainnya yang dijabarkan oleh jajaran SKPD,” tambah Bupati Minahasa Tenggara dua periode ini.

Dalam kesempatan itu, Presiden Joko Widodo saat membuka Rakornas tersebut menyampaikan apresiasi atas kerja keras semua pihak, baik pusat maupun daerah, sehingga pandemi Covid-19 di tanah air dapat dikendalikan dan pertumbuhan ekonomi dapat terjaga. “Alhamdulillah, pandemi berhasil kita kelola dan kita kendalikan dengan baik, dan stabilitas ekonomi juga bisa kita manage, kita pertahankan sehingga berada pada posisi yang sangat baik. Ini berkat kerja keras kita semuanya,” ujar Presiden.

Presiden juga mengatakan, di tengah pandemi dan perlambatan ekonomi di sejumlah negara, Indonesia juga mampu mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang baik. Pada kuartal III-2022 ekonomi Indonesia mampu tumbuh 5,72 persen dan di kuartal IV-2022 diperkirakan tumbuh 5,2 hingga 5,3 persen.

“Ini sebuah prestasi yang sangat baik sekali, karena di kuartal III kita bisa tumbuh 5,72. Bandingkan dengan negara-negara lain,” ujarnya.

Meskipun mampu melalui tahun turbulensi ekonomi di 2022 dengan baik, kata Presiden, Indonesia harus tetap hati-hati dan waspada karena tahun 2023 masih menjadi tahun ujian bagi ekonomi global.

“Semuanya harus hati-hati, harus bekerja keras semuanya mendeteksi informasi-informasi dan data-data yang ada di lapangan sehingga jangan sampai kita keliru membuat kebijakan. Sekecil apapun kebijakan itu harus berbasis pada data dan fakta-fakta di lapangan,” tegasnya. (junaidi amra)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.