Syarat Calon Independen di PIlkada Bolmong Harus Kantongi 17 Ribu KTP

Bagikan Artikel Ini:
Ilustrasi Calon Independen

Ilustrasi Calon Independen

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow akhirnya menetapkan jumlah dukungan KTP yang harus dikantongi oleh calon dari jalur Independen yang berniat mencalonkan diri dalam Pilkada Bolmong tahun 2017 nanti. Hal ini sebagaimana hasil rapat pleno KPU Bolmong, Minggu (22/05/2016) kemarin. Dimana, lewat berita acara pleno bernomor 6/BA/KPU-BM/PILBUP/V/2016 itu, ditetapkan kalau calon Independen harus mengantongi KTP sebanyak 17.154 buah. “Jumlah itu berdasarkan Data Agrerat Kependudukan (DAK) yang ada di Kabupaten Bolong yang memiliki potensi pemilih sekitar 242.842 jiwa,” ujar Ketua KPU BOlmong Fahmi Gobel,

Pada kategori ini, dikatakan Fahmi sesuai dengan peraturan KPU, maka calon Independen harus mengantongi minimal 10 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan terakhir, dimana jumlah pemilih di daerah tersebut sekitar 171.542 pemilih.

Sementara itu, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Bolmong, Rully Halaa SSos mengatakan kalau dukungan KTP dari calon perseorangan atau Independen tersebut, harus tersebsar di minimal 8 Kecamatan dari 15 Kecamatan di Kabupaten Bolmong. “Ini berdasarkan peraturan KPU nomor 9 tahun 2015, tentang pencalonan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Walikota,’ imbuh Rully.

Dikatakan Rully, setelah penetapan tersebut pihaknya akan segera melakukan sosialiasi ke pemangku kepentingan. Dimana, dalam sosialiasi itu menurut Rully akan dijelaskan secara detail seluruh persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon perseorangan. “Di sosialiasi itu juga akan kita jelaskan tata cara pengisian formulir dukungan kepada calon perseorangan yang maju lewat jalur Independen,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Divisi Sosialisasi dan SDM Daendels Sombowadile menambahkan, bagi warga Bolmong yang ingin mengikuti jalur INdependen sudah bisa mulai melengkapi persyaratan yang akan dipenuhi. “Kalau membutuhkan informasi secara detail kami KPU Bolmong siap kapan saja untuk memberikan informasi,” ucap Daendels. (jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.