Tim Anoa Polres Kotamobagu Amankan Kendaraan R2 Dengan Knalpot Racing

Bagikan Artikel Ini:

 

Tim Anoa Polres Kotamobagu Amankan Kendaraan R2 Dengan Knalpot Racing

Salah satu kendaraan R2 yang diamankan Tim Anoa Polres Kotamobagu

BERITATOTABUAN.COM, Kotamobagu – Tim Anoa Polres Kotamobagu, Sabtu (17/04/2021), berhasil mengamankan sejumlah kendaraan roda 2 (R2) dengan knalpot racing yang sedang parkir di Alfamart Motoboi Kecil.

Menurut Katim Anoa Polres Kotamobagu, Ipda Harun Pangalima SH, operasi tersebut memang rutin digelar oleh pihaknya sesuai perintah Undang-undang untuk menjamin kenyamanan dari seluruh warga negara.

“Terlebih di bulan suci Ramadan ini, dimana kita fokus untuk ibadah. Adanya knalpot racing yang bising mengganggu dan memang sangat mengganggu ketertiban,” ucap Harun.

Selain itu, lanjut Harun, pihaknya juga banyak menerima laporan dari masyarakat yang mengeluh dengan keberadaan kendaraan R2 ber-knalpot racing itu.

“Yang jadi tren sekarang adalah knalpot racing dan balap liar, tapi momen yang paling seru ya di momen Ramadan. Terlebih di waktu-waktu seperti ini menjelang sahur,” ujar Harun.

Harun pun menyayangkan kurangnya pengawasan orang tua, hingga terkesan ada pembiaran dengan tingkah laku anaknya.

“Anak-anak lari bertaruh nyawa di jalan, orangtuanya dimana? Itu yang harus ditanyakan karena tanggungjawab. Tapi ya sudahlah, biar Polisi yang bertindak kalau orang tua sibuk,” kata Harun.

Karenanya, Harun pun meminta agar orang tua yang anaknya ditindak oleh pihaknya untuk mengklarifikasi langsung di kantor Satlantas Polres Kotamobagu.

“Janganlah colemetan di Facebook atau sosial media, datanglah klarifikasi langsung ke kami di Anoa atau di Satlantas,” pinta Harun.

K2 yang terjaring operasi tersebut, lanjut Harun, dipastikan baru akan bisa keluar sesudah Idul Fitri.

“Itu namanya diskresi Kepolisian dan diatur juga dalam undang-undang. Jadi disepakati bisa keluar setelah Idul Fitri. Dengan catatan knalpot harus diganti, dan mereka sekaligus juga ditilang sesuai pelanggaran,” demikian Harun.

Diketahui, para pemuda pemilik kendaraan R2 yang terjaring operasi tersebut, diberikan pembinaan agar tidak mengulangi perbuatannya.

Remaja yang ikut balap liar di ruas jalan Bubak, diamankan Tim Anoa Polres Bolmong

Kendaraan R2 yang menjadi barang bukti itu sendiri akan diserahkan hari, Senin 19 April 2021 jam 09.00 WITA, untuk selanjutnya pemberian TilangĀ  oleh Satlantas.

Total kendaraan yang terjaring operasi Tim Anoa sejak Sabtu, 17 April 2021 – Minggu, 18 April 2021 pukul 22.00 – 02.30 WITA, sebanyak 14 unit kendaraan R2; dengan rincian 3 unit diamankan dalam balap liar di ruas jalan Bubak dan 11 unit diamankan di sekitaran Kotamobagu (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.