Rilis Hasil Survey LSI Denny JA, Pasangan E2L-HJP Unggul 53% di Pilgub Sulut

Bagikan Artikel Ini:
Bapaslon E2L-HJP saat mengantarkan berkas pendaftaran Cagub-Cawagub di Kantor KPU Sulut (Dokumentasi: Beritatotabuan.com / Arman)

Bapaslon E2L-HJP saat mengantarkan berkas pendaftaran Cagub-Cawagub di Kantor KPU Sulut (Dokumentasi: Beritatotabuan.com / Arman)

 

Manado, Beritatotabuan.com – Lembaga Survey Lingkaran Survey Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil jajak pendapat soal Pemilihan Gubernur (Pilgub) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Dalam hasil survey dari ke-3 bakal pasangan calon (Bapaslon) Gubernur dan Wakil Gubernur, Pasangan Elly Engelbert Lasut-Hanny Jost Pajouw (E2L-HJP) unggul dengan presentase diatas 50%.

 

Rilis hasil survey LSI Denny JA pada Jumat (13/9), menyatakan Pasangan E2L-HJP unggul 53,3% dari pasangan Steven Kandouw-Alfred Denny Tuejeh (SK-ADT) sebesar 34.5% dan pasangan Yulius Stevanus Komaling-Johannes Victor Mailangkay (YSK-JVM) sebesar 4.3%.

 

Survey itu sendiri, dilakukan pada tanggal 1-7 September 2024 dengan melibatkan sekitar 800 Responden yang tersebar di Sulut. Dari kategori umur pemilih dengan jumlah pemilih yang besar yaitu Kaum Gen-z dan Mileniel, Pasangan E2l-HJP masih unggul diatas 50%.

 

Untuk pemilih usia 29 tahun kebawah termasuk Gen Z Pasangan E2L-HJP memperoleh dukungan sebesar 55,1%, SK-ADT sebesar 32,6 %, dan YSK-JVM sebesar 2,5 %. Di kantong pemilih usia 30-39 tahun (termasuk Gen Y milenial), E2L-HJP memperoleh dukungan sebesar 51.9 %, SK-ADT sebesar 35.7 %, dan YSK-JVM sebesar 7 %. E2L-HJP juga unggul dikantong pemilih mereka yang lanjut usia (lansia).

 

LSI Danny JA merangkum perbedaan antara pasangan E2L mencapai kurang lebih 20% dibanding pasangan SK-ADT, dan unggul kurang lebih 49% dibanding pasangan YSK-JVM. Presentasi itu, tidak lepas dari sosok E2L di Pilgub 2024, menurut LSI Denny JA pesona E2L sebagai cagub, mendorong angka tersebut.

 

Dari hasil popularitas E2L adalah cagub paling populer dan paling disukai diantara dua cagub lainnya yaitu SK dan YSK. Popularitas Elly Lasut secara personal sudah mentok serta memiliki tingkat kesukaan yang cukup tinggi, dari 94% pengenalan, Elly Lasut memiliki 84,5% kesukaan. SK memiliki popularitas 90.5 %, dan kesukaan sebesar 78.3 %. Sementara YSK memiliki popularitas sebesar 29 %, dan kesukaan sebesar 62.4 %.

 

Ketua Partai Demokrat Sulut Elly Engelbert Lasut saat dikonfirmasi media ini mengatakan pihaknya sangat menghargai hasil survey dari LSI Denny Ja. Menurut salah satu Bacagub Sulut ini, LSI Denny JA merupakan lembaga survey yang sudah diakui kredibiltasnya.

 

“Intinya kami menghargai hasil survei lembaga kredibel seperti LSI,” ujarnya, Jumat (13/9/2024).

 

Hasil Survey LSI Denny JA telah menunjukan E2L-HJP memiliki modal yang baik untuk menghadapi Pilgub 2024. Kendati demikian, dirinya tidak mau sesumbar dengan hasil yang menyatakan dirinya unggul. Pihaknya, masih akan berusaha menyakinkan pemilih di Sulut untuk terus membangun daerah Nyiur Melambai lebih baik kedepan.

 

“Tapi kami belum bisa berbangga diri karena intinya tetap berusaha dan berdoa untuk meraih hati masyarakat sulut karena kami berkoalisi bersama masyarakat Sulut,” terangnya.

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.