Alumni Kartu Prakerja Akan Diberikan Bantuan Lagi Oleh Pemerintah

Bagikan Artikel Ini:

 

KUR Bagi Alumni Kartu Prakerja

BERITATOTABUAN.COM, NASIONAL – Alumni kartu prakerja akan diberikan bantuan lagi oleh pemerintah. Adapun jenis bantuan itu diketahui berupa pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi para alumni kartu prakerja, yang bakal membuka usaha, usai mengikuti pelatihan lewat program pemerintah tersebut.

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh pihak Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, lewat Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Rudy Salahuddin, yang mengatakan kalau program tersebut, merupakan salah satu langkah strategis dalam mengintegrasikan program pemerintah yang lain, untuk mendorong perekonomian masyarakat. Dimana, alumni Kartu Prakerja sendiri tinggal mengajukan hal tersebut ke pemerintah.

Program pemberian KUR super mikto ke alumni kartu rpakerja tersebut, dilakukan sebagai salah satu upaa untuk menumbuhkan jiwa wirusaha masyarakat, dimana ditargetkan pertumbuhan wirausaha baru di Indonesia bisa mencapai 4 persen pada tahun 2024 mendatang. “Program ini (KUR) bisa digunakan untuk menaikkan skala usaha para alumni kartu prakerja kedepan,” ucap Rudy dalam keterangan resminya, sebagaimana dilansir lewat cnnindonesia.

Pemerintah berharap, pemberian KU ini juga, bisa menjadi penyemangat bagi para alumni kartu prakerja, untyk mengembangkan usaha mereka. Bahkan, bukan hanya sekedar meningkatkan produksi, namun lebih dari itu bisa naik ke pengusaha menengah bahkan pengusaha tingkat atas.

Unstuk persyaratan sendiri, alumni artu prakerja yang akan menjadi wirausaha dan akan mengajukan KUR tersebut, tidak bekerja di pekerjaan lainnya yang telah tetap. Dimana, alumni kartu prakerja ini bisa menjadi wirausaha dengan salah satu faktr penyebab adalah korban dari Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Selain itu, untuk syarat umum pada program KUR super mikro ini, yang pertama adalah kalau program ini akan diberikan ke usaha skaal mikro, point kedua adalah usaha bisa berdurasi singkat, dan yang ketiga, calon penerima belum pernah mendapatkan KUR.

Kalau telah memenuhi syarat, maka KUR bisa diajukan ke bank-bank yang menjadi mitra pemerintah, dengan pagu kredit mulai dari Rp4-10 juta. (cnn/mg1)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.