Komisi III DPRD Bolmong Gelar RDP Bersama Dua OPD

Bagikan Artikel Ini:
Komisi III DPRD Bolmong Gelar RDP Bersama Dua OPD

Komisi III DPRD Bolmong Gelar RDP Bersama Dua OPD

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Komisi III DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP), Senin (14/06/2021), bersama dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Bolmong.

Dua OPD tersebut yakni Dinas Pertanian (Distan) Bolmong dan Dinas Sosial Bolmong. Sekretaris Komisi III DPRD Bolmong, Supandri Damogalad memimpin jalannya RDP di ruang rapat paripurna kantor DPRD Bolmong tersebut. Ketua DPRD Bolmong, Welty Komaling serta personil Komisi III antara lain, Febrianto Tangahu, Sutarsi Mokodompit, Sulhan Manggabarani, Masud Lauma, dan Mahrin Lolung, turut hadir dalam kegiatan itu.

 

Komisi III DPRD Bolmong Gelar RDP Bersama Dua OPD

 

Sementara dari Dinas Pertanian Bolmong, dihadiri langsung Kepala Dinas, Remon Ratu bersama staf. Begitu juga dengan Dinsos dihadiri Kepala Dinsos, Abdul Haris Bambela dan para staf.

RDP bersama Distan yang membahas soal bantuan untuk pengembangan holtikultura komoditi bawang marah di kabupaten bolmong itu juga menghadirkan perwakilan dua kelompok tani penerima bantuan, serta perwakilan non penerima bantuan petani dari Kecamatan Lolayan. Pada kesempatan itu, Komisi III DPRD Bolmong mempertanyakan soal proses penyaluran bantuan pertanian yang bersumber dari dana insentif daerah (DID) tahun 2020.

Komisi III DPRD Bolmong Gelar RDP Bersama Dua OPD

 

Pasalnya, menurut Sekretaris Komisi III DPRD Bolmong, Supandri Damogalad, terinformasi bahwa bantuan pertanian berbanderol Rp2,6 miliar itu tak tepat sasaran. “Informasi yang kami terima bahwa anggota kelompok tani penerima bantuan bibit bawang merah itu kebanyakana dari luar bolmong,” kata Supandri.

Sulhan Manggabarani juga mencecar kepala dinas pertanian dengan sejumlah pertanyaan. Antara lain, mekanisme verifikasi proposal usulan permintaan bantuan dari masing-masing kelompok. Senada dikatakan Febrianto Tangahu. Politis partai Nasdem itu menyayangkan dana yang bersumber dari APBD Bolmong yang seharusnya digunakan untuk menyejahterakan masyarakat bolmong, justru mengalir ke daerah luar.

Komisi III DPRD Bolmong Gelar RDP Bersama Dua OPD

 

Di tempat itu, Kepala Distan Bolmong, Remon Ratu membenarkan adanya penerima bantuan bibit bawang merah yang berasal dari luar bolmong. Tapi, menurutnya, meski bukan warga bolmong, para penerima bantuan tersebut memiliki lahan di bolmong. “Memang sasaran kami bukan person, tapi lahan. Dan pada dasarnya, semua bantuan pegembangan bawang merah di bolmong tersalur sesuai aturan dan tepat sasaran,” jelas Remon.

Di sisi lain, RDP bersama Dinsos membahas soal program bantuan soal sembako atau bantuan pangan non tunai (BPNT) yang bersumber dari kementerian sosial tahun 2020. (ADV)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.