BPBD Kotamobagu Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana

Bagikan Artikel Ini:

 

BPBD Kotamobagu Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU –Pelatihan Mitigasi bencana digelar oleh Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kotamobagu, di Balai Desa Kobo Kecil, Kecamatan Kotamobagu Timur.

Kegiatan  yang berlangsung selama 2 hari sejak 15-16 Mei 2023 tersebut Menurut Kepala BPBD Kotamobagu, Alfian Hasan, sangat penting untuk dilakukan. “Dalam pelatihan ini, peserta dibekali  serangkaian materi untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana,” ujar Alfian.

Mitigasi bencana sendiri terang Alfian,  merupakan upaya yang memiliki sejumlah tujuan untuk mengenali risiko, penyadaran akan risiko bencana serta perencanaan penanggulangan bencana. “Jadi bisa dikatakan mitigasi bencana adalah sebuah upaya mulai dari pencegahan sebelum suatu bencana terjadi sampai dengan penanganan usai suatu bencana terjadi,” terangnya.

Dalam kegiatan ini lanjut Alfian, pihaknya memberikan pembekalan bagi para peserta pelatihan dalam hal pencegahan bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi. “Jika ada bencana sudah ada peran masyarakat di setiap desa dan kelurahan, karena para peserta sudah dibekali mulai dari simulasi, penaggulangan bencana hingga evakuasi bagi korban bencana alam,” tandasnya. (*/junaidi amra)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.