Sosialisasi Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Bolmong Ajak Insan Pers Awasi Pilkada 2024

Bagikan Artikel Ini:

Sosialisasi Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Bolmong Ajak Insan Pers Awasi Pilkada 2024

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bolaang Mongondow menggelar sosialisasi pengawasan Partisipatif dalam rangka pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Selasa 25 Juni 2024.

Digelar di di Hotel Atlantik Inobonto, sosialisasi diikuti oleh tokoh masyarakat serta puluhan insan pers dan dibuka langsung oleh ketua Bawaslu Bolmong, Radikal Mokodompit dan turut dihadiri oleh Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Akim Mokoagow.

Dalam kesempatan tersebut, Radikal mengungkapkan peran media dalam perhelatan Pilkada 2024 yang berintegritas.

“Jika dilihat dari jumlah personil, Bawaslu sebagai pengawas kalah dengan KPU sebagai penyelenggara, apalagi wilayah Bolaang Mongondow sangat luas, untuk itu dibutuhkan keterlibatan media serta masyarakat secara luas untuk mengawal proses demokrasi,” ujarnya.

Lebih lanjut, pengawasan partisipatif merupakan salah satu upaya Bawaslu Bolmong dalam memastikan Pemilihan berjalan dengan ketentuan dan prosedur.

“Tak hanya sosialisasi melalui media sosial, tapi juga dibutuhkan kerjasama oleh masyarakat juga media,” lanjutnya.

Sementara itu, Fauzi Permata selaku salah satu narasumber dalam giat tersebut memaparkan, pentingnya peran media sebagai sarana filtrasi informasi.

Sehingga, dapat menyajikan informasi yang sesuai serta memberikan implikasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak mudah terprovokasi.

“Media memiliki peran penting untuk mencegah penyebaran berita bohong atau hoaks, sehingga masyarakat dapat teredukasi melalui informasi yang disajikan,” ujarnya.*(Angga Rasid)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.