Bupati Sachrul Irup Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94

Bagikan Artikel Ini:

 

Bupati Sachrul Irup Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 /

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM -Hari Sumpah Pemuda ke-94 diperingati Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dengan menggelar upacara pengibaran bendera merah putih. Bertindak sebagai inspektur upacara (Irup), Bupati Sam Sachrul Mamonto S.Sos, M.Si memimpin jalannya upacara bersama ratusan ASN lingkup Pemkab Boltim. Jumat (28/10/2022)

Prosesi pengibaran bendera dilaksanakan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Boltim tahun 2022. Upacara dilanjutkan dengan pembacaan naskah hasil Kongres Pemuda Indonesia tahun 1926, lalu naskah sumpah pemuda oleh Bupati Sam Sachrul Mamonto.

Bupati Sachrul Irup Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94

Selanjutnya, dalam sambutan Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali yang disampaikan Bupati, bahwa momentum hari sumpah pemuda 28 Oktober agar direnungi sebagai pelajaran, kisah teladan dan inspirasi penggerak menuju visi besar Republik Indonesia.”Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan. Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan,” ujar Bupati.

Lanjutnya, peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa.

Sesuai tema, peringatan sumpah pemuda, kata Bupati memiliki arti penting dalam membangun ketangguhan persatuan menjadi kekuatan untuk mendorong pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. “Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang,” ucap Bupati.

Upacara turut dihadiri Forkopimda Boltim, anggota DPRD Boltim, unsur organisasi pemuda, para pejabat eselon, pimpinan SKPD serta perwakilan tokoh masyarakat. (Rifki Palengkahu)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.