Pastikan Infrastruktur Penunjang, Distan Boltim Turun Langsung ke Persawahan

Bagikan Artikel Ini:

Kadis Pertanian Mat Sunardi bersama kepala bidang dan staf yang ada dinas pertanian yang turun Lasung kepersawahan desa buyat

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM -Dalam rangka mendorong terwujudnya ketahanan pangan daerah, Dinas Pertanian Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) terus melakukan konsolidasi antara petugas lapangan dan tim kabupaten.

Kepala Dinas Pertanian Mat Sunardi, S.PKP pun langsung turun memastikan dukungan infrastruktur penunjang khususnya persawahan di Desa Buyat, Kecamatan Kotabunan, Rabu 9 Februari 2022 pagi tadi.

“Kita turun memastikan dukungan infrastruktur penunjang, baik yang sudah ada dan yang perlu diperbaiki akan datang, agar lebih optimal,” terang Sunardi.

Dirinya juga mengatakan, suksesnya ketahanan pangan khususnya pada Sawah, sangat dipengaruhi oleh infrastruktur yang ada baik jaringan irigisasi, sarana produksi (saprodi) serta petugas lapangan.

“Indeks Pertanaman (IP) Boltim baru pada level 3.00, itupun pada daerah yang irigasinya memadai. Itulah kenapa harus turun ke lapangan untuk memeriksanya langsung. Kita juga melakukan pengecekan pekerjaan-pekerjaan swakelola petani, apa masih ada yg perlu di benahi atau tidak,” Terang Sunardi.

Selain itu lanjut Sunardi, dirinya juga melakukan diskusi dengan petani selaku masyarakat yang berjasa mewujudkan ketersediaan pangan.

“Keluhan para petani selain keterbatasan pupuk, terutama adalah keterbatasan modal. Untuk ketersediaan pupuk, diketahui Sulut hanya mendapatkan pupuk subsidi sebanyak 42.000 ton pada tahun ini. Untuk Boltim sendiri hanya mendapat 1.500 ton, tidak sebanding dengan luas persawahan Boltim yang mencapai 1.400 hektare, belum lagi yang digunakan untuk holtikultura. Mudah-mudahan kedepan pemerintah pusat bisa menambah jatah pupuk subsidi ke Boltim,” tutup Sunardi. (Iki)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.