Tingkatkan Status RSUD, Kotamobagu Butuh Rp400 Miliar

Bagikan Artikel Ini:
Rumah Sakit Umum Daerah Kotamobagu di Kelurahan Pobundayan

Rumah Sakit Umum Daerah Kotamobagu di Kelurahan Pobundayan

BERITATOTABUAN. COM, KOTAMOBAGU – Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara, menegaskan pihaknya hingga saat ini terus memperjuangkan peningkatan status Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu yang terletak di Kelurahan Pobundayan, dari Tipe C ke Tipe B.

“Saat ini kami masih melakukan pembenahan untuk peningkatan status RSUD tersebut, agar kedepan bisa menjadi rukukan se Bolaang Mongondow Raya,” ujar Tatong, kepada beritatotabuan.com, bersama dengan sejumlah awak media lainnya belum lama ini.

Untuk bisa mendapatkan status RSUD Tipe B, dikatakan Tatong ada beberapa fasilitas rumah sakit yang harus dipenuhi.

“Untuk kamar tidur contohnya saat ini tersedia 50, dan untuk ditingkatkan ke Tipe B, harus tersedia sekitar 300 kamar,” tambahnya.

Soal anggaran, Tatong mengatakan pihaknya telah mengusulkan dana sebesar Rp400 juta ke pemerintah pusat.

“Dana itu akan dialokasikan Rp150 miliar untuk Sumber Daya Manusia (SDM), sisanya untuk perbaikan fisik bangunan,” paparnya.

Disisi lain, untuk penataan serta penyempurnaan pembangunan RSU tipe B, menurut Tatong tidak bisa sembarangan. Sebab, harus ada konsultan khusus yang mengerti persoalan penataaan bangunan kesehatan itu.

“Salah satu contohnya adalah ruang inkubasi bayi, harus benar-benar steril dari bakteri. Target kami peningkatan Tipe B itu bisa direalisasi tahun 2017 nanti,” tutupnya. (jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.