Menguap Ternyata Sehatkan Otak Lho

Bagikan Artikel Ini:
Ilustrasi menguap

Ilustrasi menguap

Banyak yang menganggap kalau menguap, merupakan salah satu tanda tubuh butuh istirahat karena mengantuk. Pendapat itu memang tidak ada salahnya. Namun lebih dari itu, belum banyak yang mengetahui kalau menguap, ternyata merupakan latihan otak yang sangat baik! secara sadar menguap membutuhkan beberapa latihan. Biasanya ada sejumlah proses kimia yang terjadi di otak selama menguap, termasuk pelepasan dopamin. Pelepasan dopamin menyebabkan reaksi neurochemical lain yang membantu meningkatkan memori, mengatur suhu tubuh Anda, dan hubungan ikatan. Beberapa kegiatan menguap mengingkatkan fungsi otak dalam hal positif yang disebut precuneus.
Para peneliti percaya precuneus memainkan peran dalam kesadaran, antara lain, bisa membuat Anda lebih fokus dan waspada, Meningkatkan metabolisme dan meningkatkan konektivitas otak dan memori otak, Meningkatkan penalaran kognitif, Menguatkan memori dan ingatan, Meningkatkan kesadaran dan introspeksi, Mengurangi tingkat stres, Melemaskan seluruh bagian tubuh Anda, Manfaat kontrol otot sukarela, Memperkaya kesadaran sosial dan empati, Mempertinggi kesenangan.
Menguap juga akan membuat anda bersantai dan membawa Anda ke dalam keadaan kewaspadaan lebih cepat daripada teknik meditasi lain.
Para peneliti menyarankan bahwa menguap dipicu oleh peningkatan suhu otak Anda, dan bahwa tindakan fisiologis menguap merupakan cara untuk mempromosikan otak pendinginan. 
Menguap membantu mendinginkan otak Anda dengan memaksa Anda untuk bernapas dalam-dalam dan dengan meningkatkan aliran darah ke otak melalui tindakan peregangan rahang Anda. 
Jadi, saat udara di luar lebih dingin dari suhu otak Anda, seperti di musim dingin, menguap membawa beberapa udara dingin untuk mengatur suhu otak.
Teori lain tentang mengapa kita menguap adalah untuk membawa lebih banyak oksigen ke dalam tubuh kita. 
Ketika Anda menguap, Anda mengisi paru-paru Anda dengan oksigen dan menghilangkan penumpukan karbon dioksida. 
Hal ini mungkin menjelaskan mengapa kita cenderung menguap lebih banyak saat suasana ramai. Kelompok orang menghasilkan karbon dioksida lebih banyak, yang berarti Anda membutuhkan lebih banyak oksigen untuk mengimbangi.

Jadi, jika Anda ingin meningkatkan memori Anda dan merasa baik, berlatih menguap atau sempatkanlah menguap di hari sibuk anda. Ini sederhana, dan juga gratis! (vv/*)

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.