Kapolres Asahan Apresiasi Toba Caldera Internasional Adventure 2022

Bagikan Artikel Ini:

Kapolres Asahan Apresiasi Toba Caldera Internasional Adventure 2022

BERITATOTABUAN.COM, ASAHAN – Indonesia memiliki Destinasi Arung Jeram Terbaik ke Tiga di Dunia yang berada diantara Kabupaten Toba dan Kabupaten Asahan Sumatera Utara, dan menjadi wisata andalan Kabupaten Asahan.

Aliran Sungai Asahan yang cukup deras dan menantang menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta dari Manca Negara.

Tidak heran bagi pencinta olahraga ekstrim Arung jeram kayak tau tempat ini, dengan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dan pemandangan yang indah dengan bebatuan besar alami yang ditutupi arus dengan jeram terpanjang sejauh 20 km menambah ke ekstriman Sungai Asahan.

Usai Covid-19 dan semua lokasi wisata telah di buka kembali, momen seperti inilah yang dimanfaatkan Impact Advanture Melbourne Australia menggelar Toba Caldera Internasional Adventure 2022.

Sebanyak 10 peserta Manca Negara yang terdiri dari Jerman, Belanda, Republik Ceko, Australia, Italia, Francis dan 5 peserta dari Indonesia yang berasal dari Bandung, Medan dan dari Kabupaten Asahan.

Ini yang dikatakan perwakilan Impact Advanture Australia, Alfred Ginting warga Indonesia yang tinggal di Australia selaku panitia Toba Caldera Internasional Adventure kepada awak media di Desa Tangga Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Sabtu (26/11/2022)

“Daya tarik atlet manca negara hadir kemari karena air sungai Asahan yang hangat dan bisa kapan saja di gunakan dibandingkan dengan sungai di luar negeri air dingin dan harus di musim tertentu bisa digunakan, sedangkan kelemahannya kurang tertatanya infrastruktur dan tidak memiliki homestay, sehingga para peserta dari luar negeri harus nginap di rumah Masyarakat,” kata Alfred.

Ditempat yang sama, salah satu Forkopimda Kabupaten Asahan, Kapolres Asahan AKBP Roman Smaradhana Elhaj  yang hadir dalam acara pembukaan sesi latihan tersebut secara seremonial mendukung penuh terselenggaranya kegiatan dengan harapan hal ini dapat dijadikan daya ungkit ekonomi masyarakat sekitar usai terpuruknya prekonomian dilanda Covid-19

“Harus disupport dan didukung kegiatan seperti ini apalagi sehabis pandemi. Semoga bisa membangkitkan gairah pariwisata kita dan bisa meningkatkan prekonomian warga sekitarnya,” ujar orang nomor satu di jajaran Polres Asahan.

Sedangkan salah seorang peserta yang lahir dan besar di lokasi sungai Asahan,  Restu Wili Arwan (22) tidak mau kalah dengan peserta dari Manca Negara. “Ditahun 2019 di tingkat Asia, Saya meraih juara 1 kelas Down River Race, Juara 1 kelas Slalom dan Juara 2 di kelas Sprint, semoga di pagelaran tahun ini saya bisa meraih juara di semua kelas dan bisa mengharumkan nama Asahan dan tentunya Indonesia sampai ke belahan dunia.

Dari info yang dihimpun Toba Caldera Internasional Adventure 2022 yang diselenggarakan oleh  Impact advanture Australia akan di mulai dari tanggal 1-3 Desember 2022.(Azhar Nasution)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.