Event Mooat Horticulture Fest Akan Diwarnai Dengan Pakaian Adat Minahasa

Bagikan Artikel Ini:

 

Bupati Sam Sachrul Mampnto promosikan Event Mooat Horticulture Fest Yang Akan Diwarnai Dengan Pakaian Adat Minahasa

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) akan menggelar Event Mooat Horticulture dan Culture Festival atau MHF 2022, dilapangan Desa Guaan, Kecamatan Mooat, Sabtu 8 Oktober 2022 besok.

Kegiatan yang diprakrasai oleh Dinas Pariwisata (Dispar) dan Dinas Pertanian (Distan) ini memperkenalkan keanekaragaman budaya, sekaligus akan menyuguhkan karnaval produk hasil pertanian yang menjadi andalan petani di Bolaang Mongondow Timur khususnya diwilayah Kecamatan Mooat.

Menariknya, meski kegiatan ini di Bolaang Mongondow Timur, namun Pemkab Boltim menonjolkan adat Minahasa.

Sesuai surat edaran yang diturunkan oleh Pemkab Boltim yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Boltim, DR Ir Sonny Warokka Ph.D, meminta kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD), ASN dan tenaga harian lepas (THL) dilingkungan Pemkab Boltim menggunakan pakaian adat Minahasa.

“Semua ASN dan tenga harian lepas menggunakan pakaian adat Minahasa. Laki-laki pakai karai dan perempuan pakai wuyang,” demikian bunyi surat edaran tersebut. Jumat 7 Oktober 2022.

Kepala Dinas Pariwisata Boltim, Eko Marsidi mengatakan, pada festival besok yang di angkat adalah budaya Minahasa, sama seperti ketika festival java, dimana semua yang hadir pake baju adat Jawa. Begitu juga ketika festival kabela, semua peserta pakai adat Mongondow. “Bolaang Mongondow Timur adalah multietnis atau multicultural, dimana semua suka ada. Jadi ketika kita buat festival disesuaikan dengan adat dan budaya diwilayah tersebut,” tutupnya.

(Rifki Palengkahu)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.