Ini lima Program Prioritas Pemkab Boltim di Tahun 2023 Mendatang

Bagikan Artikel Ini:

 

James Kinontoa / Foto : Rifki Palengkahu

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) memprioritaskan lima program prioritas pembangunan pada tahun 2023. Hal ini sesuai hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023, baru-baru ini.

Lima program pembangunan tersebut diantaranya, peningkatan pendidikan untuk sumberdaya manusia yang berkualitas, peningkatan pelayanan fasilitas kesehatan tingkat pertama, pemenuhan akses cakupan layanan air minum dan sanitasi layak.

Kemudian, peningkatan kualitas lingkungan melalui penyediaan sarana dan prasarana pengelolaan persampahan, pembangunan budaya dan pariwisata melalui pengembangan agrowisata, perikanan dan penguatan UMKM serta Koperasi terutama di pedesaan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Boltim, Ir. Jems Kinontoa, membenarkan prioritas lima program pembangunan.

Jems menyebut, selain lima program prioritas pembangunan di tahun 2023, tujuan Musrenbang memiliki empat poin penting. “Pertama menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan dengan mengacu pada arah kebijakan pembangunan prioritas pemerintah daerah dan sasaran pembangunan Pemprov Sulut,” terang Kinontoa, Jumat 8 April 2022.

“Kedua mampu mengakomodasi usulan pembangunan yang telah disampaikan oleh masyarakat kepada Pemkab, ketiga mampu mempertajam indikator atas kinerja program dan kegiatan prioritas Pemda di tahun  2023 dan terakhir menyepakati prioritas pembangunan daerah dalam pelaksanaan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan,” sambungnya.

Reporter : Rifki Palengkahu

Editor : Kamal Babay

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.