Didampingi Pj Bupati Bolmong, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Lolak

Bagikan Artikel Ini:

Didampingi Pj Bupati Bolmong, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Lolak

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Pj Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir. Limi Mokodompit mendampingi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Lolak, Jumat, 23 Februari 2024.

Dalam peresmian Bendungan yang berlokasi di Desa Pindol, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara, Presiden Jokowi juga turut didampingi oleh Gubernur Olly Dondokambey serta  jajaran menteri, yakni menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Menggunakan helikopter, Presiden Jokowi dan rombongan langsung disambut dengan adat Bolaang Mongondow saat mendarat di helipad Bendungan Lolak sekitar pukul 10.00 WITA.

Didampingi Pj Bupati Bolmong, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Lolak

Di mana setelahnya, Presiden Jokowi langsung menandatangani prasasti peresmian Bendungan Lolak, dilanjutkankan dengan pemantauan langsung yang didampingi jajaran menteri Gubernur, dan Pj Bupati.

Presiden Jokowi mengatakan, salah satu persoalan besar yang akan timbul dikemudian hari yakni apabila air dan energi tidak dipersiapkan dan dikelola dengan baik sejak sekarang.

Terlebih, Indonesia merupakan negara yang memiliki 4.400 sungai, namun baru memiliki 292 bendungan di seluruh wilayah Indonesia.

Didampingi Pj Bupati Bolmong, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Lolak

“Untuk intrasi atau pembanding NRT China memiliki 9.082 bendungan, Korea Selatan memiliki 20.000 bendungan. Kita baru memiliki 292 bendungan, masih jauh sekali. Karen itu, pengelolaan air ini menjadi konsentrasi kita,” kata Jokowi.

Lebih lanjut, Bendungan Lolak sendiri dapat menampung 16 juta meter kubik air dan bisa mengairi kurang lebih 2.200 hektar sawah serta bisa mereduksi banjir sampai 29 persen dan listrik ecohydro.

“Informasi dari pak gubernur, Bolmong ini lumbung berasnya Sulut. Maka saya harapkan bendungan Lolak ini bisa bermanfaat untuk kita semua,” imbuhnya.

Didampingi Pj Bupati Bolmong, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Lolak

Presiden Jokowi berharap, kehadiran Bendungan Lolak dapat meningkatkan produktivitas padi yang ada di Bolaang Mongondow.

“Sekali lagi kita masih sangat kekurangan bendungan air. Mudah – mudahan tahap demi tahap semuanya akan berproses dan bisa diatasi,” tandas Jokowi.

Sementara itu, Pj Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM mengatakan, kunjungan kerja Presiden Jokowi di Bolmong merupakan sebuah kebanggaan masyarakat.

“Kami sangat mengapresiasi dan menyambut baik, serta mengharapkan dengan adanya kunker presiden dapat membawa manfaat bagi masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow. Terima kasih setinggi-tingginya untuk Bapak Presiden RI yang telah meresmikan Bendungan Lolak,” ucap Limi.

Bendunhan Lolak sendiri dibangun sejak 2015 dan selesai pada tahun 2023 dan menelan biaya pembangunan mencapai Rp 2,02 Triliun.

Turut hadir dalam agenda peresmian Waduk Lolak, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, jajaran kepala daerah Bupati Bolmut Sirajudin Lasena, Bupati Boltim Sahrul Mamonto, Pj Walikota Kotamobagu Asripan Nani, Ketua DPRD Kabupaten Bolmong Welty Komaling, serta pejabat pimpinan OPD di lingkup Pemkab Bolmong.* (adv/Angga Rasid)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.