Limi Deklarasikan Pencegahan Perkawinan Usia Anak

Bagikan Artikel Ini:
Limi Deklarasikan Pencegahan Perkawinan Usia Anak

Limi Deklarasikan Pencegahan Perkawinan Usia Anak

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Penjabat Bupati Bolmong, Limi Mokodompit turut serta mendeklarasikan Pencegahan Perkawinan Usia Anak, Kamis (03/11/2022).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Oemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Bolmong itu, digelar di Aula Totabuan Blessing, desa Tungoi kecamatan Lolayan.

 

Limi Deklarasikan Pencegahan Perkawinan Usia Anak

Deklarasi tersebut bagian dari Forum Koordinasi dan Sinkronisasi Peningkatan Kapasitas Forum Anak sebagai Pelopor dan Pelapor dalam Pencegahan Perkawinan Usia Anak.

Kepala DP3A Provinsi Sulut dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS, turut serta hadir menyaksikan deklarasi itu.

Limi Deklarasikan Pencegahan Perkawinan Usia Anak

Dalam sambutannya, Limi mengungkapkan kegiatan sinkronisasi pelaksanaan pendampingan peningkatan kualitas hidup anak tingkat Kabupaten/Kota itu, bertujuan untuk menyamakan persepsi dan pemahaman. “Kesempatan yang seluas-luasnya harus diberikan, agar anak-anak kita dapat tumbuh kembang secara wajar, baik jasmani maupun rohani, sehingga bisa menghasilkan anak-anak yang berkualitas berakhlak mulia dan sejahtera,” ungkap Limi.

Limi Deklarasikan Pencegahan Perkawinan Usia Anak

Menurut Limi, ditengah-tengah kehidupan masyarakat, masih banyak anak-anak yang mengalami hambatan dalam pemenuhan hak-hak anak untuk mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi terlebih lagi dengan adanya pandemi Covid-19.

Pada para orang tua, Limi meminta lebih selektif lagi dalam pengawasan ketat terhadap anak, dengan mengedepankan komunikasi dengan anak. “Implementasinya yakni dengan adanya sikap terbuka antara orang tua dengan anak, serta perlu pengakuan orang tua terhadap kemampuan anak,” ujar Limi.

Dikatakan Limi, pola asuh dan remaja dalam keluarga sangat berpengaruh pada perkembangan anak.“Oang tua diharapkan tidak menuntut anaknya melewati batas kemampuan, karena tuntutan tersebut menjadi beban tersendiri bagi seorang anak,” pinta Limi.

Limi pun mengajak orang tua untuk lebih berperan serta mewujudkan generasi muda yang siap bersaing. “Saya mengajak kita semua mari kita persiapkan anak-anak kita sejak dini dengan menanamkan nilai-nilai yang baik, mulai dari keluarga, kesadaran untuk hidup baik, jujur dan bertanggung jawab,” kata Limi.

Di akhir sambutannya, Limi berpesan kepada DP3A Bolmong untuk selalu berkoordinasi dengan DP3A Sulawesi Utara. “Sehingga kualitas anak-anak di Kabupaten Bolaang Mongondow dapat semakin meningkat hingga bisa menjadi agen perubahan baik di sekolah, di rumah, maupun di lingkungan keluarga,” kata Limi.

Pada giat yang sama, Kepala DP3A Provinsi Sulut, dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS mengajak agar masyarakat bisa lebih meningkatkan lagi perlindungan terhadap anak maupun perempuan di wilayah masing-masing. “Saya meminta dan mengedukasi kepada seluruh masyarakat bolmong agar terus menjaga dan memperhatikan hal ini, sehingga kasus kasus pelecehan dan kekerasan terhadap perempuan dan anak tidak terjadi lagi di Bolmong,” kata Kartika.

Diketahui, Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Forkopimda Bolmong, Forkopimcam Kecamatan Lolayan serta Forum Anak sebagai peserta. (ADV)

Reporter: Iswahyudi Masloman

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.