Pemkab Bolmong Gelar Bimtek Implementasi Tanda Tangan Elektronik

Bagikan Artikel Ini:

Pemkab Bolmong Gelar Bimtek Implementasi Tanda Tangan Elektronik
BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Pemkab Bolmong gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Tanda Tangan Elektronik, Rabu (31/08/2022), di Kantor Bupati Bolmong, Lolak.

Bimtek tersebut diinisiasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Bolmong dan dibuka oleh Sekretaris Daerah Tahlis Gallang mewakili Penjabat Bupati Limi Mokodompit.

“Tandatangan elektronik ini telah dirancang dan diperjuangkan sejak 2020. Pada saat itu kita mengalami pandemi Covid-19 yang pertama kali,” ujar Tahlis dalam sambutannya.

Saat itu, ungkap Tahlis, aktivitas pihaknya sangat terbatas karena protokol pencegahan Covid-19.

“Maka pada saat itu, kita mengajukan usulan sertifikasi tandatangan elektronik. Karena prosesnya cukup panjang, belum lama ini usulan sertifikasi tandatangan elektronik telah disetujui,” ungkap Tahlis.

Hal itu, lanjut Tahlis, sekaligus menjawab tuntutan e-government yang mana semua berbasis elektronik.

“Dan tahun depan akan dimulai pelaksanaan administrasi berbasis non paper. Sehingga penganggaran ATK untuk kertas tahun depan akan dikurangi, kecuali untuk situasional saja,” ucap Tahlis.

Tahlis pun menjelaskan, manfaat tanda tangan elektronik itu cukup besar.

“Manakala pejabat melakukan perjalanan dinas, maka dia masih dapat melaksanakan tugas menandatangani berkas lewat tandatangan elektronik ini,” kata Tahlis.

Diketahui, Asisten III Ashari Sugeha, Kepala Dinas Kominfo Marief Mokodompit, serta para pejabat dan operator di masing-masing OPD di lingkup Pemkab Bolmong, hadir dalam Bimtek tersebut.

Reporter: Iswahyudi Masloman

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.