Disdukcapil Akan Lakukan Sosialisasi Ke Desa Untuk Perbaikan Data Kependudukan

Bagikan Artikel Ini:

 

Kepala Disdukcapil Boltim Subari Manangin / Foto : Rifki Palengkahu

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM –Hasil rapat Bawaslu Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) dalam agenda evaluasi data kependudukan jauh sebelum memasuki tahapan Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang, mendapat tanggapan baik oleh Disdukcapil Boltim

Disdukcapil yang juga terlibat bersama KPU dalam agenda kegiatan Bawaslu tersebut memahami soal data kependudukan yang ditetapkan dalam Data Pemilih pada Pilkada sebelumnya, banyak mengalami masalah terutama daftar pemilih yang menggunakan Suket (Surat Keterangan-red).

Kepala Disdukcapil, Subari Manangin, membenarkan pihaknya memenuhi undangan dari Bawaslu dalam rangka perbaikan data kependudukan beberapa waktu lalu.

“Iya, saya tidak sempat hadir namun diwakili oleh Sekertaris dan Bidang teknis. Tapi kami menyesuaikan seperti apa nanti perbaikan data kependudukan dari hasil pembahasan rapat itu,” ujarnya, Rabu  8 Juni 2022.

Sehingga itu kata Subari, validasi data kependudukan tahun ini sementara dalam penyesuaian dasar dengan mengimplementasi aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) tahun 2022 berjalan.

“Memang soal data kependudukan kami menyesuaikan lagi dengan Aplikasi SIAK. Aplikasi ini mulai penerapan tahun ini dan mempengaruhi penginputan data secara praktis,” terang Subari.

Namun lanjutnya, langkah sosialisasi pihak Disdukcapil hingga ke tingkat Pemerintah Kecamatan bahkan Desa sudah menjadi agenda berskala.

“Nanti kami akan kunjungi ke Wilayah baik Pemerintah Kecamatan hingga Pemerintah Desa. Nantinya lewat sosialisasi ke Desa perbaikan data kependudukan akan lebih efektif secara keseluruhan,” tutupnya.

 

Reporter : Rifki Palengkahu

Editor : Junaidi Amra

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.