Empat Desa di Boltim Ini Naik Status Jadi Desa Mandiri

Bagikan Artikel Ini:

 

Hendra Tangel SH

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Empat desa di Boltim terinfromasi saat ini naik status menjadi Desa Mandiri, sebagaimana penetapan oleh Kementerian.  Adapun Empat desa di Boltim terpilih sesuai status Indeks Desa Mandiri (IDM) yang dikeluarkan Kementerian Desa Pembangunan daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Empat Desa tersebut yakni, desa Tutuyan, desa Tutuyan III dan desa Togid di Kecamatan Tutuyan. Kemudian desa Purworejo Kecamatan Modayag.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Boltim Hendra Tangel mengatakan, bahwa empat desa yang masuk kategori desa mandiri hasil pemutakhiran data IDM tahun 2021 menjadi 4 desa dan ditetapkan tahun 2022. “Statusnya itu dari Kementerian Desa. Ada banyak sektor yang menjadikan Desa itu jadi desa Mandiri,” terang Hendra, Rabu 10 Agustus 2022.

Ia juga menjelaskan, indeksasi desa terdiri dari 3 komponen IDM, yakni indeks ketahanan sosial, ketahanan ekonomi dan ketahanan lingkungan atau ekologi. Hasil pendataan, tak hanya terjadi kenaikan status desa mandiri, dua desa yang sebelumnya berstatus desa tertinggal naik satu tingkat jadi desa berkembang. Sementara desa Maju menjadi 41 desa dan desa berkembang menjadi 36 desa. “Tahun 2021 masih ada 2 desa di Boltim berstatus desa tertinggal. Tahun ini 2 desa tersebut naik status. Jadi saat ini tidak ada lagi desa tertinggal di Boltim,” ujarnya.

Hendra mengatakan, menjadi desa mandiri akan mendapatkan keuntungan sendiri seperti pencairan dana desanya bisa dilakukan menjadi dua tahapan. “Menjadi desa mandiri itu ada keunggulannya, seperti pencairan dana desanya bisa dilakukan menjadi dua tahapan, pertama 60 persen dan sisanya 40 persen,” terangnya.

Ia juga menambahkan, pada tahun 2023, keempat desa Mandiri akan mendapatkan Dana Alokasi Kinerja sebesar Rp 240 juta dari Kemendes PDTT melalui rekening masing-masing desa, tutupnya.

Reporter : rifki palengkahu

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.