Beras Serayu Jadi Padi Unggulan di Wilayah Kotamobagu

Bagikan Artikel Ini:

 

Padi Unggulan

Muhammad Yahya

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Beras dengan jenis serayu hampir dipastikan akan menjadi unggulan di wilayah Kota Kotamobagu.

Hal itu menyusul dengan rencana dari Dinas Pertanian Kota Kotamobagu yang akan mengembangkan program penakaran bibis padi jenis serayu, untuk dijadikan unggulan di daerah tersebut. “Proses penakaran tersebut sudah kita lakukan ssaat ini, di wilayah Desa Poyowa Besar I, dan kita tinggal menunggu hasil penakaran itu nantinya bagaimana,” ungkap Keala Dinas Pertanian Kotamobagu Muhammad Yahya kepada awak media, Senin (02/11/2020).

Yahya menambahkan, proses penakaran padi itu sendiri, tujuannya untuk meningkatkan mutu dari bibit padi tersebut, dimana hal itu menurutnya akan ikut menjadikan kwalitas beras di Kotamobagu lebih baik kedepan. “Proses penangkaran itu akan kita lakukan dengan menggandeng balai pembibitan Provinsi Sulawesi Utara untuk lebih meningkatkan hasilnya,” tambahnya.

Masih menurut Yahya, pihak balai pembibitan Provinsi Sulut nantinya akan ikut melakukan pendampingan, dari proses awal hingga pemeliharaan, sehingga hasil yang didapat bisa benar-benar maksimal. “Penangkaran itu akan kita lakukan selama tiga kali masa tanam, dengan tujuan akhir mendapatkan bibit yang benar-benar unggul untuk para petani di daerah ini nantinya,” tuturnya. (mg1)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.