Debu Vulkanik Gunung Ruang Tersebar Hingga Kotamobagu, Pemkot Himbau Warga Gunakan Masker

Bagikan Artikel Ini:

 

Debu Vulkanik Gunung Ruang Tersebar Hingga Kotamobagu, Pemkot Himbau Warga Gunakan Masker

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU -Debu vulkanik gunung ruang tersebar hingga Kotamobagu mendapatkan perhatian serius dari pemerintah daerah setempat.

Terbukti, untuk mengantisipasi debu gunung ruang tersebar hingga ke Kotamobagu dan bisa berdampak buruk pada warga Pemerintah Kota Kotamobagu melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotamobagu resmi mengeluarkan imbauan bagi masyarakat Kota Kotamobagu untuk menggunakan masker.

“Diimbau kepada seluruh masyarakat Kota Kotamobagu agar menggunakan masker dan kacamata saat beraktivitas. Hal ini sebagai antisipasi untuk mencegah terhirupnya abu vulkanik atau terkena pada mata saat berada di luar rumah,” imbau Kepala BPBD Kotamobagu Asrianti ST MM.

Asrianty menambahkan, imbauan ini berdasarkan pemantauan data RGB citra satelit cuaca himawari dan radar cuaca tanggal 30 April 2024 jam 02.30 Wita 09.00 WITA, yang menunjukan letusan gunung ruang teridentifikasi mencapai ketinggian lebih dari 10 KM dan sebaran abu vulkanik bergerak dominan ke arah Barat.
Dikatakannya, Citra satelit BMKG terkini, menunjukan sebaran abu vulkanik tersebar di wilayah Sulawesi Utara, tidak terkecuali di Kota Kotamobagu. (*)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.