Disperdagkop – UMKM Kotamobagu Dampingi Bapanas ke Gedung Beras Bulog

Bagikan Artikel Ini:

 

Disperdagkop – UMKM Kotamobagu Dampingi Bapanas ke Gedung Beras Bulog

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU –Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah atau Disperdagkop-UMKM Kotamobagu, ikut mendampingi Badan Pengawas Nasional (Bapanas) saat mengunjungi sekaligus memantau ketersedian beras dan Harga Eceran Tertingi (HET) beras di Pasar 23 maret dan Bulog di Kelurahan Mogolaing, Kotamobagu Barat, pada Jumat 17 Februari 2023.

Badan Pengawas Nasional melalui bidang analisis dan administrasi Leni Pangaribuan menjelaskan, tujuan kunjungan kali ini untuk memastikan beras, SPHP apakah sudah sesuai prosedur serta harga yang sudah di tetapkan. “Sesuai permendag nomor 57 tahun 2017 yang berisi tentang beras, harga yang di tetapkan terbagi tiga zona dan Sulawesi Utara masuk zona satu. Sehingga HET beras madium itu masuk harga sebesar 9.450 ribu, jadi beras bulog ini jika di jual lebih dari 9.450 ribu tentunya menyalahi aturan, ” ujar Leni.

Lebih jelas Leni menjelaskan, penyaluran beras ini untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga beras, “Kami sejak pagi mengecek di pasar 23 maret selanjutnya menuju bulog sesuai monitor, masih aman dan terkendali,”ujarnya lagi.

Setelah mengunjungi Bulog, ketersedian beras masi aman sudah ada sesuai pengecekan dari pihaknya. “Dan gudang secepatnya harus di lakukan bufing demi stabilisasi serta jumlah kebutuhan berapa. 150 ton dan pekan depan akan masuk 300 ton cukup aman sampai Ramadhan hingga lebaran tahun 2023 sesuai konfirmasi dengan pihak Bulog,” tandasnya. (*/junaidi amra)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.