Telinga Bisa Menjadi Tuli Kalau sering Melakukan Hal Ini, Salah Satunya Cotton Bud

Bagikan Artikel Ini:

 

Telinga Bisa Menjadi TuliBERITATOTABUAN.COM, GAYA HIDUP – Sejumlah kebiasaan yang kita lakukan ternyata dapat mengakibatkan telinga bisa menjadi tuli, kalau dilakukan terus menerus.

Menariknya, dalam beberapa kebiasaan yang dapat mengakibatkan telinga bisa menjadi tuli tersebut, ada diantaranya yang tidak kita sadari bahkan menganggap kalau hal itu bisa menjadi terapi atau pengobatan bagi telinga kita.

Dalam artikel ini, kita akan mengulas sekira 7 kebiasaan sebagaimana dilansir dari akun Instagram sehatyuks.id, yang bisa mengakibatkan gangguan pendengaran  tersebut.

  1. Menggunakan Obat Tetes Telinga

Penggunaan obat tetes telinga untuk mengurangi telinga yang sering berdenging, ternyata bisa membawa dampak buruk jika dilakukan terus menerus. Menurunnya kualitas pendengaran merupakan hal yang dapat terjadi. Untuknya, perlu membaca dengan teliti cara pakai dan dosis obat tetes telinga tersebut, sebelum dipakai.

  1. Menggunakan Earphone

Menggunakan earphone secara terus menerus akan menyebabkan gangguan pendengaran. Kerasnya suara yang yang dihasilkan earphone langsung ke gendang telinga akan membuat pendengaran kita menjadi memburuk. Akibatnya, kita akan terbiasa mendengarkan suara keras yang dekat langsung ke telinga kita.

  1. Menggunakan Ear Candle

Metode terapi telinga dengan system ear Candle yang bertujuan untuk membersihkan kotoran di telinga, ternyata dapat merusak system pendengaran kita. Walau kotoran dalam telinga kitab isa keluar, namun ternyata telinga kita akan menjadi lembab dan meninggalkan bakteri, yang akan merusak liang telinga kita.

  1. Menggunakan Cotton Bud

Menggukana cotton bud dengan tujuan untuk membersihkan kotoran di telinga kita akan membuat kotoran di telinga terbiasa menggumpal dan terhenti. Hal itu justru akan membuat kotoran di telinga kita lebih lengket.

  1. Mengendarai Mobil Terbuka

Saat kita mengendarai mobil terbuka, dibutuhkan suara dengan volume tertentu agar suara dari teman di sebelah kita bisa terdengar. Sayangnya, tekanan serta paparan secara berulang-ulang dan terus menerus seperti itu, akan membuat kita kehilangan pendengaran secara permanen. Kalau hal itu dilakukan secara terus menerus, maka telinga kita akan menjadi tuli dan harus memakai alat bantu dengar.

  1. Merokok

Kandungan nikotin pada rokok akan membuat pembuluh darah menyusut. Akibatnya, kapiler yang melayani telinga akan akan bermasalah, dan dampak terburuknya adalah kita bisa kehilangan pendengaran secara bertahap.

  1. Menggunakan Obat-Obatan Tertentu

Sejumlah jenis obat, seperti Pereda nyeri, antibiotic dan obat kemoterapi berbasis platinum ternyata dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Hal ini karena beberapa obat tertentu memiliki efek samping demikian. OIehnya, mengkonsumsi obat-obatan terlalu sering tidak baik untuk Kesehatan telinga kita. (mg1)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.