Matangkan Persiapan, KPU Mitra Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

Bagikan Artikel Ini:

 

Matangkan Persiapan, KPU Mitra Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

BERITATOTABUAN.COM, RATAHAN – Komisi Pemilihan Unum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), melaksanakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara, Rabu, 31 Januari 2024.

Diselenggarakan di Lapangan Kantor DPRD Mitra, kegiatan ini dihadiri oleh Assisten 1 Jani Rolos, Pimpinan dan Sekretariat KPU, kepolisian, TNI, PPK Kecamatan Ratahan, Ratim dan Pasan serta KPPS Se Kecamatan Ratahan.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Mitra Onie Tamod mengatakan, giat ini merupakan agenda KPU RI dalam mempersiapkan pemilihan 14 Februari.

”Simulasi ini dilaksanakan untuk melihat bagaimana kesiapan maupun waktu yang tepat dan efisien selama pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di hari pemilihan 14 Februari nanti,” tuturnya.

Adapun peserta simulasi adalah pemilih yang telah dipersiapkan oleh KPU Mitra.

“Para petugas menjalankan tugas sesuai dengan aturan yaitu mulai pukul 7 pagi dan berakhir da pukul 1 dan dilanjutkan dengan perhitungan suara,” ujarnya.

Lebih lanjut, simulasi yang dilaksanakan juga turut menguji coba penggunaan aplikasi SIREKAP.

“Dan hari ini juga akan diadakan simulasi aplikasi SIREKAP,” pungkasnya.

SIREKAP sendiri adalah perangkat aplikasi berbasis teknologi informasi sebagai sarana publikasi hasil perhitungan suara dan proses rekapitulasi hasil perhitungan suara, serta alat bantu dalam pelaksanaan hasil perhitungan suara Pemilu.

Sementara itu, Jani Rolos, Assisten 1 Pemkab Mitra mengapresiasi kinerja KPU dalam mematangkan persiapkan Pemilu 2024.

“Tahapan tahapan pemilu sudah dilakukan oleh penyelenggara tentunya kami berharap ini berlangsung dengan baik aman dan lancar,” tuturnya

Pemkab sendiri akan menyiapkan Linmas di setiap TPS guna menunjang kesuksesan dan kelancaran Pemilu 2024.

“Pemkab Mitra akan menyiapkan tiap TPS dua Linmas yang tentunya akan berkordinasi dengan TNI dan Polri,” pungkas Rolos.*(AnggaR)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.