ADV2 ADV2 ADV2 ADV2 ADV2

Masih Berkantor di Kotamobagu, Wakil Rakyat Bolmong Disorot

Share This:

Effendy Abdul Kadir

Effendy Abdul Kadir

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG Belum difungsikannya kantor DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow di Kecamatan Lolak, mendapatkan sorotan tajam dari elemen masyarakat. Salah satunya datang dari Ketua Lembaga Pemantau Kinerja Eksecutif dan Legislatif ( LPKEL ) Reformasi Efendy Abdul Kadir. Dirinya mendesak agar para legislator Bolmong yang kini berkantor di Kotamobagu segera pindah, dan menjalankan aktifitas mereka di Lolak, sebagai ibukota dari Kabupaten Bolaang Mongondow.

“Bagaimana bisa fungsi DPRD Bolmong sebagai lembaga pengawas salah satunya bisa berjalan maksimal, sementara aktifitas mereka berada di Kotamobagu bukan di Bolmong,” ketus Effendy, Minggu (08/03/2015).

Bagaimana funsi DPRD Bolmong akan jalan, sementara aktifitasnya berada di daerah lain, bukan di pusat pemerintahan atau ibukota Kabupaten itu sendiri,”ketus Efendy, Minggu (08/03) kemarin kepada awak media.

Dirinya pun menyatakan rasa herannya, sebab menurutnya, semenjak tahun anggaran 2007, pusat pemerintahan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), berpindah kedudukannya dari Kotamobagu ke Kecamatan Lolak, sebagai ibukota daerah induk saat ini. Dimana, hal ini diikuti dengan berpindahnya seluruh kantor pemerintahan di wilayah Bolmong di Lolak, namun tidak diikuti oleh DPRD Bolaang Mongondow sebagai lembaga legislasi yang salah satu fungsinya adalah proses pengawasan, terkait berjalannya seluruh aktifitas pemerintahan.

“Yang lebih mengherenkan kantor DPRD Bolmong di Lolak tahun ini sepengetahuan saya sudah bisa digunakan, tapi belum juga difungsikan,” tukasnya.

Dikatakannya, masyarakat Kabupaten Bolmong, sangat mendambakan aktifitas para wakil rakyat tersebut berada di lingkup wilayah Pemerintah Kabupaten, bukan beraktifitas di kotamobagu.

“ Tidak ada alasan. Sebab kantor DPRD yang baru cukup respresentatif untuk digunakan para wakil rakyat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka” kuncinya.

Terpisah, ketua DPRD Bolmong Welty Komaling SE MM, mengatakan, pihaknya belum lama ini telah menggelar rapat Badan Musyawarah (Banmus), dimana dalam rapat tersebut sudah menyepakati kalau perpindahan aktifitas perkantoran mereka, akan dilakukan pada Bulan Agustus 2015 ini, bertepatan dengan pidato kenegaraan oleh Presiden RI di moment HUT Proklamasi nanti.

“Kantor DPRD yang baru masih dilakukan pembenahan dalam hal ini pekerjaan finising, mudah-mudahan bulan Agustus tahun 2015, kami akan pindah aktifitas,” kata Welty. (jun)

 

Tags:
author

Author: