ADV2 ADV2 ADV2

Pertama di BMR, Rumah Budaya Nusantara ‘Mokasambe’ Berhasil Didirikan

Share This:

Rumah Budaya Nusantara Mokosambe yang terletak di Kecamatan Lolayan Bolmong

Rumah Budaya Nusantara Mokosambe yang terletak di Kecamatan Lolayan Bolmong

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Derasnya arus globalisasi serta kecepatan informasi dan teknologi yang kian berkembang pesat saat ini, tidak bisa dipungkiri akan ikut mengikis nilai-nilai budaya dalam sebuah daerah. Sebagai langkah antisipasi dari kian terkikisnya nilai-nilai kebudayaan tersebut, sejumlah pemerhati dan tokoh pemuda serta adat di Kecamatan Lolayan, akhirnya berinisiatif mendirikan sebuah Rumah Budaya, yang sifatnya untuk lebih mengenalkan dan mendekatkan warga terutama pemuda dan anak-anak akan budaya kemongondowan.

Terbukti, setelah sekian lama melakukan upaya dan kerja keras, saat ini telah berdiri tegak di Kecamatan Lolayan, Rumah Budaya Nusantara ‘Mokosambe’,

“INi adalah rumah budaya pertama di wilayah Bolaang Mongondow Raya. Kami berharap dengan adanya rumah budaya ini, maka kebudayaan mongondow yang mulai hilang bisa kembali muncul di tengah-tengah masyarakat,” ujar Ketua RBN ‘Mokosambe’ Sehan Ambaru SH lewat akun facebook miliknya,

Untuk nama Mokosambe sendiri, Sehan mengatakan kalau itu diambil dari cerita zaman dulu.

“Dalam kisah tersebut ada sosok Bogani yang namanya Mokosambe, dan dia kawin dengan putri bidadari yang kebetulan turun mandi di kayangan yang bernama Limbo’ung atau mata air,” tambah Sehan.

Sehan pun mengatakan kalau Rumah Budaya Nusantara tersebut terbuka untuk umum. Dimana, diharapkan ini akan jadi penyemangat bagi kelompok masyarakat yang lain, guna memperkaya khazanah budaya kemongondowan. (supandri/jun)

Tags:
author

Author: