ADV2 ADV2

DPRD Bolmut Minta Pemerintah Mudahkan Pengurusan Ijin Pertambangan Bagi Rakyat

Bagikan Artikel Ini:
Rahman Dontili

Rahman Dontili

BERITATOTABUAN.COM, BOLMUT – Anggota DPRD Kabupaten Bolmut Rahman Dontili meminta agar pemerintah setempat tidak menyulitkan pengurusan ijin pertambangan yang dilakukan oleh masyarakat.

“Kalau bisa jangan dipersulit. Sebab, tidak bisa dipungkiri selain berprofesi sebagai nelayan dan petani, tidak sedikit juga warga Bolmut yang berprofesi sebagai penambang untuk mennghidupi keluarga mereka,” ujar Rahman, Selasa (09/02/2016)

Dikatakan Rahman, dengan dimudahkannya pengurusan ijin pertambangan maka hal tersebut akan lebih menekan munculnya pertambangan liar, akibat desakan kebutuhan ekonomi.

“Harus diakui meski lapangan kerja di daerah ini masih terbilang sedikit, tapi warga Bolmut tetap bertahan dan tidak keluar daerah, serta lebih memilih untuk mencari nafkah dengan berprifesi sebagai penambang, petani maupun nelayan,” tambahnya,

Rahman pun berharap hal ini bisa menjadi perhatian serius pemerintah, tanpa mengabaikan sejumlah peraturan terkait dengan pengelolaan limbah tambang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Bolmut, Sudirman Nani mengatakan kalau persoalan pertambangan rakyat hingga saat ini belum ada di daerah itu.

“Untuk saat ini belum ada satu pun pertambangan rakyat yang diberikan ijin operasi. Kalaupun nanti rekomendasinya kami keluarkan, tetap harus ditindak lanjuti oleh Pemerintah Provinsi untuk pengurusan ijinnya,” imbuh Sudirman, (indra piring)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.